Metropolitan

Wow, Tiga Pimpinan Dewan Dapat Mobil Sport

FOTO1

Sedot APBD Miliaran Rupiah, Mobil Lama Dikembalikan ke Pemkot

JL JUANDA – Pantas saja, hampir semua orang berebut menjadi wakil raktyat di parkemen. Bukan hanya ingin mengawal aspirasi masyarakat pada khususnya dan konstituen di masing-masing dapil dan kota secara umumnya.

Fasilitas yang didapatkan anggota DPRD memang sangat menggiurkan. Bukan hanya gaji dan tunjangan yang mencapai puluhan juta diterima per bulan, fasilitas dinas juga diperoleh untuk meninjang kinerja para wakil rakyat khususnya para unsur pimpinan. Fasilitas itu berupa kendaraan dinas (randis) yang alokasi anggarannya menggunakan dana APBD Kota.

Informasi yang dihimpun Sukabumi Ekspres, pengadaan randis pimpinan DPRD Kota Sukabumi dilakukan bulan November 2017 lewat e-katalog. Diperkirakan dibutuhkan miliaran rupiah untuk pengadaan tiga randis pimpinan wakil rakyat yakni, Yunus Suhandi (Golkar), Tatan Kustandi (PDIP) dan Kamal Suherman (Gerindra).

Ketiganya mendapat mobil dinas baru jenis sport dari pemerintah kota. Mobilnya berasal dari pabrikan Jepang yakni Honda. Data mobil Honda Sukabumi, Honda New Accord yang diperuntukan bagi Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi diperkirakan senilai Rp641 juta sedangkan kedua wakilnya menerima Honda CRV Turbo Prestige dengan harga satu unitnya Rp 506 juta.

Kabag Umum dan Personalia Sekretariat Dewan, Herlina mengatakan, ketiga pimpinan dewan mendapat mobil dinas baru karena kendaraan sebelumnya dianggap sudah termakan usia dan kurang optimal dalam menunjang kinerja. Untuk ketua mendapat randis jenis sedan sport dan dua wakilnya menerima SUV terbaru.

“Pengadaan kendaraan ini hanya untuk pimpinan dewan, khusus anggota dan alat kelengkapan tidak ada. Karena diganti dengan tunjangan. Ini sesuai dengan PP No 18 tahun 2017,” kata dia didamping Plt.Kasubag Umum, Taufiq Zaelani saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (27/12).

Setelah penyerahan randis baru tersebut, sambung Herlina, sekretariat dewan bakal menarik kendaraan yang lama untuk diserahkan ke Bagian Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD)  Kota Sukabumi. Mengingat, randis tersebut merupakan aset Pemkot Sukabumi sehingga harus dikembalikan.

“Kendaraan dinas yang lama usianya ada yang sudah 8 tahun, jadi wajar kalau dilakukan peremajaan. Secara administrasi sudah selesai, sekarang sedang proses di BPKD Kota Sukabumi untuk serahterimanya,”katanya Herlina

Sebelum dilakukan serah terima, sekretariat dewan  meminta  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi untuk melakukan pengecekan fisik baik terhadap kendaraan yang lama maupun yang baru karena tidak memiliki tenaga ahli.  “Untuk hasil pengecekan fisik menunggu dari Dishub,” ucap dia.

Herlina menyebutkan bahwa proses pengadaan tiga unit kendaraan tersebut terbilang cepat. Setelah diajukan pada November lalu, pada akhir Desember sudah terealisasi. Penganggarannya melalui APBD Perubahan tahun 2017 dan pengadaannya melalui pemesanan secara elektronik. “Kami memproses dari E Katalog sehingga lebih cepat,” tandas dia.

Dia mengatakan, setelah diberlakukannya aturan baru, seluruh kendaraan operasional atau kendaraan dinas alat kelengkapan dewan telah ditarik dan diserahkan ke Bagian Aset BPKD Kota Sukabumi. Selain kendaraan dinas unsur pimpinan, hanya ada kendaraan operasional dan dinas untuk sekretariat dewan.

“Kalau kendaraan dinas dewan, pengadaannya oleh sekretariat, tapi kalau kendaraan operasional sekretariat oleh BPKD. Sekretariat masih butuh dua unit kendaraan roda empat terutama untuk humas yang mobilitasnya cukup tinggi. Kami butuh tambahan kendaraan untuk menunjang kinerja humas agar lebih baik,”pungkasnya.(ndi/aln)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up