Metropolitan

Wisata Panen Raya Sedekah Produktif

SUKABUMI – Pembina Yayasan Daarul Quran, ustadz Yusuf Mansur, menghadiri wisata panen raya di kawasan Daarul Quran (Daqu) Agrotechno di Kampung Sungapan Desa/Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Sabtu (3/12). Lahan seluas 7,5 hektare itu merupakan kawasan terintegrasi di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Kawasan tersebut merupakan percontohan diimplementasikannya sedekah produktif. Semua hasil pertanian dan perkebunan menggunakan pupuk organik sehingga ketika panen pun bisa langsung dimakan.

“Sedekah produktif ini tujuannya yakni agar masyarakat tidak sedekah konsumtif, tapi harus memproduksi dulu, meskipun ujung-ujungnya konsumtif,” terang Yusuf Mansur seusai wisata panen raya, Sabtu (3/12).

Sedekah produktif yang dimaksud Yusuf Mansur yakni membiasakan dan mendorong masyarakat bersedekah dalam jangka panjang. Artinya, mereka bisa menginvestasikan sedekahnya dalam bentuk lahan pertanian seperti sawah. “Jika biasanya masyarakat itu sedekah beras, kita ubah agar mereka jangan sedekah beras. Tapi coba kumpulin duitnya untuk membeli sawah. Sehingga, dari hasil sawah itu mereka bisa bersedekah beras selama-lamanya. Atau misalnya jika biasa sedekah makanan, coba dikumpulin dulu duitnya, lalu mereka bisa beli lahan bahkan insya Allah bisa membangun pabriknya. Begitu juga pada peternakan maupun perikanan,” beber dia.

Tujuan lain sedekah produktif itu, lanjut Yusuf, membantu penyelamatan lahan-lahan pertanian produktif agar tak terdegradasi pembangunan. Bagi Yusuf, pertanian merupakan sektor yang mestinya bisa membuat masyarakat atau petani di Indonesia sejahtera. “Jika kita bisa melaksanakan sedekah produktif, maka kita juga membantu penyelamatan lahan-lahan pertanian agar tak dijadikan bangunan-bangunan. Lihat di dunia barat atau di Asia lah, seperti di Jepang. Petani di sana kaya-kaya. Insya Allah kita mendorong ke arah sana,” jelas Yusuf.

Bersamaan wisata panen raya sedekah produktif, pada kesempatan itu Yusuf Mansur juga memperkenalkan soft launching pembangunan Sekolah Tani Muda yang masih satu kawasan dengan Daqu Agrotechno. Sekolah itu nantinya akan mendidik tenaga-tenaga muda dalam bidang pertanian. “Jika nanti mereka selesai pendidikan di sini, bisa menyebar ke seantero nusantara. Kita kerja sama juga dengan IPB (Institut Pertanian Bogor) serta mentor-mentor ternama di Indonesia,” tegasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up