Sukabumi Raya

Warga Tolak Tambang Pasir

Izin Habis, tapi Masih Beraktivitas

SUKABUMI – Ratusan warga dari tiga desa Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi mengontrong kantor kecamatan setempat, kemarin (10/1). Mereka menolak aktivitas tambang pasir milik PT Darma Usaha dan PT Cipta Pasir Mas di Desa Cimangkok. Mereka mendesak agar aktivitas penambangan segera ditutup.

Desakan penutupan itu juga menyusul habisnya masa izin penambangan terhitung 18 Desember tahun lalu. Ironisnya, sampai sekarang kedua perusahaan itu masih tetap beroperasi.

Massa yang dibekali berbagai atribut berorasi di kantor kecamatan. Aksi tak luput dari penjagaan aparat kepolisian. Namun aksi berjalan damai.

Koordinator aksi, Misbah, 42, mengatakan warga sudah kesal dengan Pemkab Sukabumi karena tak kunjung mencari solusi permasalahan itu. Berbagai pertemuan sebetulnya sudah dilakukan yang difasilitasi pihak kecamatan antara perwakilan perusahaan dan warga. Namun pertemuan itu tak berbuah hasil. Karena itu, unjuk rasa menjadi solusi agar aspirasi warga dari Desa Cimangkok, Priangan Jaya, dan Sukalarang bisa didengar.

“Bertahun-tahun kami merasa dirugikan kedua perusahaan tambang tersebut. Selain polusi debu, kondisi saat ini di wilayah kami jadi susah air, jalan milik warga pun rusak parah. Seharusnya pihak perusahaan tambang memperhatikan warga serta lingkungannya. Kedua perusahaan itu hanya mementingkan keuntungan saja,” ujar dia.

Misbah mengatakan Pemerintah Provinsi Jabar harusnya melihat amdal sebelum memberikan izin. “Pokoknya kami merasa tidak nyaman adanya kegiatan tambang tersebut. Kami ingin segera ditutup saja agar nyaman,” tandasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up