Metropolitan

Warga Tionghoa Bersiap Sambut Imlek

PHOTO1

SUKABUMI – Persiapan Hari Raya Imlek tinggal menghitung hari. Tahun Baru Imlek yang ke-2569 menurut penanggalan Tionghoa dan shio adalah tahun Anjing Tanah. Satu minggu sebelum imlek warga keturunan tionghoa mulai nampak mendatangi vihara untuk menjalankan ritual keagamaan.

Seperti di Vihara Widhi Sakti di Jalan Pajagalan Kelurahan Nyompolong Kecamatan Warudoyong. Pada Kamis (8/2) siang, warga Tionghoa di Kota Sukabumi berdatangan ke vihara untuk melakukan ritual, diawali dengan irama khas thionghoa, suara lonceng dan tabuh bedug.

Mengawali ibadah mereka, warga tionghoa melakukan sembahyang mengantar perjalanan ke langit dewa. Menurut tradisi, dewa naik kelangit pada tanggal 23 bulan 12 untuk melaporkan tingkah laku dari seluruh penghuni rumah kepada Tuhan. Naiknya dewa diantar dengan membakar batang dupa dan mempersembahkan sesajian.

Lotju Vihara Widhi Sakti, Bob Gunawan mengatakan, tradisi menyambut hari raya imlek memang selalu dilakukan setiap tahunya. Selain melakukan sembahyang, beberapa hari sebelumya Vihara Widhi Sakti membagikan angpau kepada warga tionghoa yang tidak mampu.

“Ini merupakan tradisi kami setiap tahun, tak jauh berbeda tepat di tanggal 23 imlek ino kami melakukan ibadah ritual untuk mengantarkan roh-roh para dewa yang akan ke surga,” ujarnya kepada Sukabumi Ekspres.

Ditambahkam Bob, di tahun anjing tanah ini, seluruh warga tionghoa berharap pergantian tahun baru Imlek menjadi keberkahan bagi semua warga Kota Sukabumi khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

“Saya berharap masyarakat Kota Sukabumi bisa jauh lebih merasa nyaman dalam melakukan kehidupan sehri-harinya dan sukses dalam berbisnis,” tandas Bob.

Senada diungkaplan salah seorang warga Thionghoa Ari, 28. Di tahun anjing tanah ini, ia berharap seluruh umat beragama mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Selain itu, dirinya juga berharap kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi bisa jauh lebih baik.

“Ini tahun anjing tanah. Saya sih tentunya ingin perubahan setiap tahun ke tahun lebih baik,” tandasnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up