Metropolitan

Warga Binaan Kelola Pencucian Motor

SUKABUMI – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Sukabumi membuka layanan cuci steam motor sejak dua bulan lalu. Usaha itu dilakukan sebagai bentuk pembinaan kepada warga binaan.

Pengelola Kemandirian Warga Binaan Lapas Kelas II B Kota Sukabumi Asep Solehudin mengatakan, terdapat empat orang warga binaan yang bekerja di tempat usaha cuci steam motor tersebut. Mereka sudah dibekali dengan keahlian dan keterampilan

“Sudah berjalan hampir dua bulan. Pekerja di sini merupakan warga binaan yang sudah diseleksi. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik setiap harinya tanpa ada keluhan apapun . Hanya membayar Rp 10 ribu. Pengunjung yang sudah 10 kali servis bisa gratis satu kali,” ujar dia.

Asep mengatakan, setiap hari tempat cuci steam motor di lapas banyak didatangi pengendara motor. Jumlahnya terus meningkat. Sejak dibuka November lalu tercatat sebanyak 44 motor. Jumlahnya meningkat jadi 151 motor pada Desember. Bulan ini diprediksi jumlahnya akan makin bertambah.

“Di awal bulan sekarang dalam sehari bisa mencapai 22 motor. Kasihan juga pegawai kami keteteran,” ujarnya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Alviantino, mengatakan pembinaan tersebut merupakan salah satu program dengan tujuan mengaktifkan aktivitas di Lapas Kelas II B Kota Sukabumi. Dulu, kata Alviantino, usaha steam motor pernah ada di lapas tersebut. “Ini program kami. Salah satunya untuk mengembangkan kembali beberapa industri,” ujar dia.

Alviantino mengaku ke depan lapas akan menyediakan ruangan kunjungan semacam kafe. Lokasinya akan berdekatan dengan tempat pencucian motor sehingga pengendara yang sedang mencuci motornya bisa sambil bersantai.

“Nanti juga kami akan siapkan wifi. Tempatnya cukup representatif,” tandasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up