Metropolitan

Wali Kota : Peran Para Pejuang Sangat Dibutuhkan

FOTO2

JL PERINTIS KEMERDEKAAN – Eksistensi para pejuang bukan hanya dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, tapi juga dalam mengisi kemerdekan. Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz menilai, peran para pejuang sangat dibutuhkan pemerintah maupun masyarakat.

“Sebagai orang tua yang sarat akan pengetahuan dan pengalaman dalam meniti kehidupan, para pejuang kemerdekaan diaharapkan dapat menjadi pengarah  dan penuntun jalan bagi negerasi sekarang,”katanya saat menghadiri Peringatan Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tingkat Kota Sukabumi bertempat di Sekretariat PPM Gedung Juang 45 Kota Sukabumi (11/1).

Dijelaskan, perhatian pemerintah terhadap para pejuang tidak akan ada habisnya. Perhatian bukan hanya dalam bentuk penghargaan tapi juga kesejahtaraan. Untuk itu, Muraz mengajak kepada para pejuang kemerdekaan dan veteran untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada pemangku kepentingan, terutama kepada unsure pemimpin. “Dalam kondisi krisis moral dan akhlak yang cukup memprihatinkan, diperlukan ketauladanan bimbingan dan motivasi bagi para generasi sekarang,” katanya.

Jika pada jaman merebut kemerdekaan, pejuang berkorban jiwa, maka dalam mengisi kemerdekaan diperlukan nilai juang dengan ikhlas, rela berkorban demi kejayaan negara. Untuk mewujudkannya, diperlukan kebersamaan, bukan hanya antar SKPD, tapi juga dengan daerah lain. “Berkorban untuk hal yang negative merupakan perjuangan salah kaprah,”katanya.

Pola berfikir generasi muda juga harus dirobah, ujarnya. Wujud konstribusi dan partisipasi terhadap negara tidak hanya dimaknai hanya  sebagai PNS, polisi, dan tentara atau anggota legislative saja. Ukuran yang paling utama adalah produktifitas atau karya nyata yang bisa disumbangkan kepada bangsa, walau hanya  nilai positif untuk  masyarakat dilingkungan sendiri.

Oleh kerena itu, kata dia, orientasi pekerjaan generasi muda dewasa ini jangan hanya bertumpu pada PNS, Polisi, tentara.  Tapi diarahkan pada bidang yang terbatas, yakni menjadi wirausahawan. “Menjadi wirausahawan tidak kalah gengsinya dibanding PNS, polisi dan tentara. Bahkan memiliki nilai keutamaan karena sanggup membuka lapangan pekerjaan dan sumber penghasilan bagi banayak orang,”katanya.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up