Society

Utamakan Kepentingan Bersama

Untitled-1

Al-Ma’tuq Berkurban 11 Sapi dan 63 Domba, Al-Bassam 8 Sapi dan 5 Domba

CISAAT – Pondok Pesantren Al-Ma’tuq dan Tahfiz Quran Al Bassam melaksanakan pemotongan hewan di lingkungan Ponpes Al-Bassam, Jalan Kadudampir, Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, Jumat (1/9). Kegiatan dalam rangka merayakan Idul Adha 1438 Hijriah itu menjadi momentum untuk mengutamakan kepentingan bersama dan mengorbankan kepentingan pribadi atau golongan.

Mudir Ponpes Al-Ma’tuq DR. Ade Hermansyah, Lc, M. Pd.I menyebutkan hewan kurban di Al-Ma’tuq berjumlah 11 sapi dan 63 domba yang bersumber dari donatur. Sedangkan, Ponpes Al-Bassam berjumlah 8 sapi dan 5 domba.

“Allahamdulilah untuk tahun ini, Ponpes Al-Ma’tuq dan Al-Bassam kembali mendapatkan kepercayaan dari donatur, wali santri, ustad untuk menyalurkan puluhan hewan kurban kepada ribuan masyarakat sekitar dan kepala keluarga staf yayasan,” kata dia kepada koran ini, di sela-sela pembagian daging kurban di Kampung Gunung Jaya, kemarin.

Ade menuturkan Ponpes Al-Ma’tuq dan Al-Bassam yang tergabung dalam satu yayasan terus melaksanakan syiar Islam. Satu di antaranya, pemotongan hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat sekitar. Termasuk santri dan dua ribu kepala keluarga (KK) yang berada di lingkungan pondok pesantren.

“Ini agenda tahunan sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian pesantren kepada sesama. Sehingga keberadaan Al-Ma’tuq dan Al-Bassam bisa dirasakan semua pihak. Dan alhamdulilah tahun ini jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya, ” beber dia.

Menurut Ade, sunah berkurban adalah daging kurban yang dipotong dikumpulkan dalam satu tempat. Selanjutnya, dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat sekitar.

Tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi juga mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga ada rasa memiliki (sense of belonging) terhadap keberadaan Ponpes Al-Ma’tuq dan Al-Bassam.

“Al Ma’tuq berdiri dua puluh tahun lalu dan Al Bassam dua tahun ke belakang. Pengerjaan semua arsitektur bangunan kedua ponpes ini dilakukan masyarakat sekitar. Hal itu menunjukan bahwa hubungan ponpes dan masyarakat sekitar baik dan terus terjalin penuh kebersamaan dan saling memiliki, ” tandas dia.

Disamping itu, Ade menambahkan, pihaknya juga menyalurkan bantuan setiap bulannya kepada 49 jompo di sekitar pesantren. Kegiatan yang sudah berjalan sejak Juli 2016 lalu itu diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Insya Allah kami juga berencana ingin membangun klinik kesehatan untuk masyarakat tidak mampu. Mudah-mudahan klinik ini bisa segera terealisasi secepatnya,”tandasnya

Warga setempat, Aisyah, 48, mengaku bersyukur atas kepedulian Ponpes Al-Ma’tuq dan A-Bassam yang tiap tahunnya selalu memotong hewan kurban untuk masyarakat.

“Kedua ponpes ini banyak sekali memberi syiar Islam, baik kegiatan agama maupun sosial, yang selalu melibatkan masyarakat sekitar. Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan lebih semarak lagi,”tandasnya.(udi/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up