Gerbang Desa

Transparansi APBDes Wajib Diterapkan

Desa Sasagaran Luncurkan Infografis APBDes

KEBONPEDES – Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah pusat maupun dari APBD Kabupaten Sukabumi harus diumumkan secara transparan pada publik, khususnya warga desa setempat. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana, kecurigaan publik, serta agar pelaksanaan pembangunan di desa dapat berlangsung secara kondusif.

Karenanya, Pemerintah Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes meluncurkaan infografis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017. Peluncuran yang berpusat di Kampung Ciheuis itu dihadiri Camat Kebonpedes, Tamtam Alamsyah.

Menurut Kades Sasagaran Udan Abdulah, peluncuran infografis tersebut merupakan terobosan baru untuk mensosialisasikan APBDes secara transfaran kepada masyrakat publik.

“Ya selain itu ada cara-cara lain yang akan terus kami lakukan, seperti sosialisasi pada pertemuan-pertemuan desa, RW, maupun RT. Artinya infografis ini masyarakat akan lebih mudah membaca struktur APBDes yang telah masuk ke desa,”ujar Udan ketika ditemui diruang kerjanya, kemarin (16/6).

Selain itu, sambung dia, keberadaan infografis juga akan menarik untuk masyarakat untuk ikut memantau penggunaan dana desa yang sesui peruntukannya.

“Itu kita pasang dengan jelas di depan kantor desa sehingga semua bisa melihat apa rencana dan pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat yang sudah terealisaisi,” bilang dia.

Adapun kucuran anggaran dana desa yang diterima itu digunakan untuk pembangunan sekitar 70 persen dan sisanya pemberdayaan masyarakat. “Dana desa pada intinya dipergunakan untuk kesejahteraan warga, mendorong pembangunan infrastruktur, perekonomian warga dan jenis pemberdayaan lainnya. Transparansi mutlak dilakukan pemerintah desa, agar kepercayaan publik dan warga akan penggunaan dana desa menguat,” ungkap Udan.

Camat Kebonpedes Tamtam Alamsyah mengapresiasi Desa Sasagaran yang telah memasing infografis APBDes di kantornya. “Tentu sangat bagus ya. Bahkan sudah diterapkan di lima desa yang ada di Kecamatan Kebonpedes,” tandas dia.(udi/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up