Metropolitan

Tol Bocimi Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jabar

NO FOTO

SUKABUMI – Bank Indonesia memprediksi tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bakal terdongrak sekitar 0,76 persen jika nanti jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) beroperasi pada 2019. Kontribusi itu tak terlepas bakal menjamurnya sentra-sentra perekonomian baru sehingga berpengaruh terhadap laju pertumbuhannya.

“Hasil estimasi kami, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat akan naik sebesar 0,76 persen dengan nanti terbangunnya jalan tol Bocimi. Saat ini laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sebesar 5,39 persen,” terang Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat, saat menghadiri rapat koordinasi di Balai Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Pertumbuhan juga bakal terjadi di wilayah yang menjadi pusat pembangunan jalan tol Bocimi yang di wilayah Sukabumi dan Bogor. Dia menyontohkan di Kota Sukabumi, selama ini struktur perekonomian di daerah tersebut masih didominasi pusat layanan perdagangan dan jasa. “Bisa jadi setelah nanti jalan tol Bocimi jadi, Kota Sukabumi akan berubah menjadi daerah transportasi dan konstruksi. Yang pasti, kehadiran jalan tol Bocimi nanti tak hanya mendongrak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat saja tapi juga di daerah yang dilintasi akses jalan tol,” ucapnya.

Hadirnya jalan tol Bocimi juga akan lebih merangsang tumbuh-kembangnya investasi baik penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri.  Wiwiek meyakini kehadiran investasi akan berjalan alami dengan hadirnya jalan tol. “Tapi investasinya akan banyak didominasi PMDN,” ucapnya.

Hal sekarang yang penting dilakukan Pemkot Sukabumi maupun Pemkab Sukabumi, kata Wiwiek, soal kesiapan. Artinya, bagaimana pemerintah daerah menyiapkan berbagai strategi yang harus dilakukan ketika jalan tol beroperasi.

“Pemkot Sukabumi harus tahu daerah mana saja yang akan dilewati dan di mana pintu keluarnya. Jadi, rampungnya jalan tol harus dibarengi dengan kesiapan agar bisa menguntungkan bagi daerah,” tandasnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up