Metropolitan

TNI Siap Dor Genk Motor

FOTO3

SUKABUMI – Aksi geng motor di Sukabumi cukup anarkistis. Kondisi itu tentunya menjadi pemicu keresahan masyarakat, utamanya saat malam.

Penanganan geng motor tak hanya tugas jajaran Polres Sukabumi Kota saja. Kodim 0607 Kota Sukabumi pun akan ikut serta menindak tegas geng motor yang mencoba berbuat aksi anarkistis di Sukabumi.

“Kalau perlu kita akan tembak di tempat. Intinya kita akan ambil tindakan. Ini untuk memberikan efek jera. Selama ini banyak yang sudah ditangkap tapi ternyata tidak ada efek jera,” ujar Komandan Kodim 0607 Letkol Inf Muhammad Mahfud As’at, kemarin (23/11).

Mahfud berjanji akan menurunkan anggotanya untuk berpatroli. Tujuannya menjaga keamanan dan kenyamanan warga Kota Sukabumi dari berbagai potensi aksi geng motor yang bisa saja mengganggu kondusivitas wilayah. “Sudah banyak pengaduan kepada kami. Makanya, kita akan lakukan penindakan tegas,” ucapnya.

Tidak hanya genk motor, kata Mahfud, jajarannya pun akan menindak tegas para pelajar yang kedapatan bolos sekolah. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antarpelajar. “Sama, pelajar juga akan kita tindak tegas. Mungkin nanti bisa berupa sanksi sosial bagi pelajar yang kedapatan membolos,” ungkapnya.

Mahfud akan mengajak Satpol PP dan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menangkap pelajar yang kedapatan bolos sekolah. Selama ini tak sedikit orang tua dan guru yang lempar tanggung jawab ketika terjadi siswa bermasalah ketika di luar sekolah. “Daripada orang tua dan guru yang lempar tanggungjawab, makanya kami yang akan tindak tegas,” terangnya.

Bahkan ke depan, dia mengimbau kepada guru agar siswanya tidak membawa kendaraan ke sekolah. Para siswa diharapkan bisa menggunakan kendaraan umum untuk berangkat sekolah. “Mereka (pelajar) belum boleh pakai kendaraan. Makanya saya mengimbau agar anak sekolah pakai angkot saja ke sekolahnya,” paparnya.

Terkait hal tersebut, saat ini masih tahap sosialisasi kepada sekolah, guru, dan masyarakat. Intinya agar tidak ada anak sekolah yang tawuran ataupun masuk ke dalam genk motor.

Yani Suryani, orang tua siswa, sepakat dengan upaya yang aka dilakukan jajaran Kodim 0607 menidak tegas para pelaku aksi kriminalitas. Termasuk bagi pelajar yang kedapatan membolos sekolah. Sehingga orangtua tidak merasa khawatir saat anaknya berada di luar rumah. “Kalau ada penindakan tegas, mudah-mudahan tidak ada lagi aksi tawuran di kalangan pelajar,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, anggota Koramil Cikembar mengamankan penjual minuman ciu berinisal P di Kampung Cimanggu RT 02/04, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, kemarin (23/11). Dari tangan pelaku, anggota berhasil mengamankan 50 botol ciu siap edar. “Kami mengamankan pelaku bersama anggota dari Polsek Cikembar,” tambah Mahfud.

Pelaku diamankan setelah ada laporan dari masyarakat yang resah dengan marak beredarnya minuman ciu di kalangan pelajar. Saat ini pelaku diserahkan kepada pihak kepolisian Polsek Cikembar untuk penindakan lebih lanjut. “Yang bersangkutan sudah diserahkan dan ditangani Polsek Cikembar,” ucapnya.

Saat ini, kata Mahfud, Koramil dan Polsek Cikembar sedang mengembangkan kasus peredaran ciu tersebut. Pasalnya, disinyalir masih banyak orang yang mengedarkan ciu di wilayah tersebut. “Hasil laporan warga masih ada di beberapa titik di wilayah Cikembar yang turut mengedarkan barang tersebut (ciu),” ungkapnya.

Dia mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memberantas peredaran minuman keras dan narkoba. Sehingga Sukabumi bisa aman dan tentram. “Mari bersama-sama memberantas peredaran narkoba dan minuman keras,” pungkasnya.(job3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up