Metropolitan

Tarif Parkir Mobil Naik 100 Persen

FOTO3

SUKABUMI – Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan menaikan tarif parkir khusus kendaraaan bermotor roda empat sekitar seratus persen. Kenaikan tarif parkir mobil ini menyusul dihapusnya tiga retribusi bagi angkutan umum.

Kepala Dinas Perhugungan Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan, pihaknya akan menaikan tarif parkir mobil dari Rp2 ribu naik menjadi Rp3 sampai Rp4 ribu. Menyusul resmi dihapusnya tiga retribusi bagi angkutan umum. “Yang naik hanya kendaraan roda empat saja, sedangkan roda dua tetap,” ujarnya, kemarin (3/1).

Menurutnya, pemerintah akan kehilangan Pendapatan Asli daerah (PAD) sekitar Rp1 miliar lebih pasca dihapusnya tiga retribusi angkutan umum tersebut. Adapun ketiganya yaitu, retribusi terminal, KIR dan izin trayek. Penghapusan ini berlaku mulai per 1 Januari 2018 berdasarkan Peraturan Wali Kota Sukabumi (Perwal).

“Sudah ditandatangai Walikota pengajuannya dan Perwal-nya suda ada per tanggal 29 Desember 2017. Jadi sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2018,” terangnya.

Lanjut dia, penghapusan retribusi sebagai upaya agar pengelola angkutan umum lebih meningkatkan pelayanannya di tengah persaingan masuknya angkutan online. Sehingga diharapkan pelayanan angkutan umum akan tetap eksis.

“Jadi pengelola angkutan umum tidak lagi memikirkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan tadi dan lebih fokus memikirkan pelayanan kepada penumpang. Ini merupakan terobosan satu-satunya oleh pemerintah kota dan kabupaten se-Indonesia,” ucapnya.

Sebagai pengganti hilangnya PAD dari retribusi angkutan umum, lanjut dia, pihaknya akan menaikkan tarif parkir roda dua dan empat. “Kita akan rubah nanti dan berlakukan zona parkir dipusat kota akan lebih mahal dibanding tempat yang lain. Tetapi nanti setelah adanya lelang pengelolaan parkir baru yang kontraknya habis tahun ini,” jelasnya.

Pengajuan penghapusan tiga retribusi angkutan umum, kata dia, tidak perlu ke legislatif. Karena tidak merubah peraturan daerah dan murni kebijakan pemda.(aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up