Bandung

Target Jual Geopark Ciletuh ke Timteng

PROMOSIKAN : Gubernur Jabar Ahmad Heryawan didampingi Bupati Sukabumi terus menggenjot promosi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu hingga ke Timur Tengah (Timteng).

BANDUNG – Pemrov Jabar menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara mampu menyerap hingga 1,5 juta pada tahun 2017. Ini bukan sebatas harapan. Karena Jabar punya wisata alam dan budaya eksotik yang diandalkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Jawa Barat Ida Hernida mengatakan pihaknya mulai menjual wisata alam Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ke Timur Tengah (Timteng). “Ya kita juga baru jualan Ciletuh ke Dubai dan Qatar,” kata dia, kemarin (26/8).

Artinya, sambung dia, pihaknya belum bisa memprediksi terkait jumlah kunjungan wisman di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Pasalnya promosi yang digencarkan masih berkutat pada pasar lokal.

Menurut Ida, target ini meningkat dibanding tahun 2016 yang mampu menyerap kunjungan hingga 1,1 juta orang ke berbagai wilayah di Jabar.

Data Disparbud, realisasi kunjungan wisman hingga periode Januari-Juli 2017 baru mencapai 600 ribu orang. Mayoritas dari mereka datang ke Pangandaran, dan Kota Bandung. “Bandung jelas masih Eropa karena ada hubungannya dengan Belanda,” kata dia.

Adapun Wisman yang datang ke Jawa Barat masih didominasi kunjungan dari Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darusalam. Sementara negara lainnya yang memilih Jabar sebagai salah satu destinasi wisata seperti China, Australia, dan Belanda.

Menurutnya, Jabar tertinggal jauh dengan Bali dalam hal jumlah kunjungan wisatawan, salah satu faktornya yakni aksesibilitas. Namun, ia optimis apabila bandara Kertajati telah rampung, kunjungan Wisman akan meningkat.

“Kita terlalu luas, banyak spot, kalau Bali sedikit spot jadi ke situ-situ saja. Sukabumi ke Pangandaran berapa ribu kilo itu, kendalanya,” kata dia.(ant/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up