Bandung

Sukabumi Harus Kawal Proyek Infrastruktur

SukabumiEkspres.com – Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar meminta unsur pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota agar lebih aktif dalam mengawal proyek infrastruktur ke pemerintah pusat.

Karena menurutnya, pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Barat masih belum berjalan optimal bahkan sejumlah proyek memerlukan waktu hingga puluhan tahun untuk menuntaskannya.

“Padahal seharusnya proyek infrastruktur ini bisa tuntas dalam waktu beberapa tahun saja. Waduk Jatigede perlu 50 tahun. Tol Cisumdawu, belum selesai,” katanya.

Wagub Jabar menuturkan pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) masih belum tuntas sejak 25 tahun lalu direncanakan. “Sekarang pembebasan lahan sesi pertama sudah 95 persen kontruksinya baru 14,5 persen,” katanya.

Selain itu, lanjutnya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka masih belum rampung hingga saat ini.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah pusat lebih serius dalam membantu pembangunan infrastruktur di Provinsi Jabar.

“Provinsi Jawa Barat ini penduduknya terbanyak. Tapi kenapa tak punya pelabuhan dan bandara berkelas internasional. Padahal investasi manufaktur 60 persennya ada di Jabar. Migrasi penduduk ke Jabar juga sangat tinggi,” tandas dia.(hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up