Society

Sukabumi 28 Siap Berlaga di Liga 3

Sukabumi 28 (1)
team sukabumi 28

WARUDOYONG – Sukabumi 28 merupakan tim sepakbola Kota Sukabumi yang siap bersaing di Liga 3 Jawa Barat. Menghadapi turnamen vergengsi itu, Sukabumi 28 tak main-main. Sukabumi 28 awalnya sebuah klub sepak bola asal Sukabumi yang bernama Young Man Association (YMA 1928). Kehadiran Sukabumi 28 diharapkan bisa menjadi pengobat rindu masyarakat Kota Sukabumi dalam dunia persepakbolaan.

Meskipun banyak tanggapan negatif dari beberapa kalangan dengan terbentuknya Sukabumi 28, tetapi tidak menyurutkan semangat manajemen tim untuk terus semangat dan membuktikan optimisme bisa lolos di Liga 3 dengan target masuk ke Liga 2.

“Sukabumi 28 bebas merekrut pemain dari mana saja. Tentunya kami juga sudah memiliki pemain lokal asal Kota Sukabumi sekitar 30 persen.

Ada yang beranggapan Sukabumi 28 merupakan cikal bakal lahirnya klub sepak bola Ibu Kota, itu tidak benar. Bisa dibuktikan kami hadir dan optimistis ingin membawa Kota Sukabumi lebih maju di dunia persepakbolaan, khususnya di liga-liga bergengsi,” ujar Direktur Sukabumi 28, Wiryawan, kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (2/8).

Young Man Association terbentuk sejak zaman Belanda di Kota Sukabumi. Banyak sejarah dan prestasi yang sudah diraih YMA.

Berangkat dengan rasa semangat dan kencitaan terhadap Kota Sukabumi, dia bersama manajemen membentuk Sukabumi 28 yang siap bertarung di Liga 3 yang bergulir pada 9 Agustus 2017. Kota Sukabumi ditunjuk sebagai tuan rumah. “Bagi saya suatu penafsiran negatif dari sejumlah kalangan terhadap terbentuknya Sukabumi 28. Itu akan kita tampung dan akan dijadikan suatu motivasi untuk pembuktian bahwa Sukabumi 28 itu hadir dan lahir dari Kota Sukabumi,” terangnya.

Berbicara soal target, Wiryawan berharap bisa menjuarai Liga 3 dan masuk Liga 2 dengan segala kemampuan serta tekad yang kuat dengan dukungan masyrakat Kota Sukabumi. Dia berharap tim bisa lebih baik dan semangat dalam setiap laga nanti. “Semua keberhasilan tidak akan tercapai tanpa ada dukungan dari masyarakat Kota Sukabumi sendiri,” tandas Wiryawan.

Sekretaris Umum PSSI Kota Sukabumi, Samsizal, mengatakan melihat aturan PSSI sekarang klub manapun bisa bebas masuk ke Liga 3 dengan dasar persyaratan yang berlaku. Dengan adanya Sukabumi 28, PSSI mengapresiasi dan mendukung 100 persen.

“Sacara lembaga maupun pribadi, saya mendukung 100 persen klub atau Tim Sukabumi 28 yang akan berlaga di Liga 3. Apalagi Kota Sukabumi hanya memiliki Sukabumi 28 yang mewakili di Liga 3. Untuk itu masyarakat wajib mendukung tim ini,” beber dia.

Melihat semangat dan keseriusan manajemen Sukabumi 28 untuk bisa mencapai target lolos ke LIga 2, tentunya bisa menjadi suatu prestasi yang bisa meningkatkan persepakbolaan di Kota Sukabum. Termasuk bagi perekonomian masyarakat maupun peningkatan fasilitas olahraga di Kota Sukabumi.

Ketua Viking Sukabumi Riris mendukung dan mengapresiasi Sukabumi 28 yang begitu berambisi dan optimistis berlaga di Liga 2 dengan target masuk ke Liga 2. Namun yang harus diperhatikan manajemen soal komposisi pemain. Dia berharap minimal 30 sampai 50 persen merupakan pemain lokal. “Ini untuk meningkatkan taraf ekonomi maupun meningkatkan pemain lokal agar bisa lebih berprestasi,” jelas dia.

Dia juga menambahkan Sukabumi 28 adalah klub asal Kota Sukabumi. Tentunya harus identik dengan Kota Sukabumi walau nyawa pemainnya merupakan pemain luar. “Secara pribadi saya berterima kasih dan salut kepada Sukabumi 28 yang mau berkorban untuk Kota Sukabumi sebagai bagian membangkitkan persepakbolaan di Sukabumi,” tandasnya.

Ketua Viking Sukabumi Raya, Husen Nurjaman, menyambut baik munculnya klub Sukabumi 28 yang akan berlaga di Liga 3. Sebagai lembaga suporter, dirinya tidak menutup dan memberi kebebasan bagi anggotanya untuk mendukung klub mana saja yang akan berlaga di Liga 3 dengan membawa nama Kota/Kabupaten Sukabumi asalkan bisa menjaga kondusivitas sebagai supoter yang baik.

“Klub manapun yang membawa nama Sukabumi tentunya saya secara pribadi sangat diapresiasi dan patut mendapatkan dukungan dari masyarakat. Apalagi misi klub ingin membawa nama Kota Sukabumi di laga bergengsi dengan target prestasi untuk membawa Kota Sukabumi,” singkatnya. (udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up