Tatar RT-RW

Subangjaya Terus Berbenah

CIKOLE – Kelurahan Subangjaya memiliki wilayah kumuh cukup tinggi. Berbagai persoalan sosial dan infrastruktur seperti drainase, persampahan, pemukiman, hingga ancaman bencana longsor dan banjir ada di wilayah tersebut. Dengan kerja keras pihak kelurahan dengan masyarakat yang cukup baik, wilayah yang dinakhodai Fery Munggaran itu berangsur membaik.

“Berbagi intervensi program pemerintah dan swadaya masyarakat, pada akhirnya wilayah kami mulai tertata rapi,” jelasnya kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (12/4).

Beberapa lokasi, khususnya yang berpotensi bencana, menjadi pekerjaan rumah yang menjadi prioritas penataan. “Gagasan awalnya saat saya ke Yogyakarta. Di sana saya melihat sungai yang begitu indah. Nantinya bantaran sungai yang terbengkalai akan disulap menjadi sungai sehat lengkap dengan pemukiman sehat dan indah,” ujar dia.

Hasil penghitungan, anggaran sementara yang dibutuhkan untuk penataan wilayah mencapai Rp5 miliar. Program NUSP dan yang lainnya bisa menjadi pemicu keswadayaan masyarakat. “Entah dari mana dananya, tapi kami akan ajak warga untuk bermimpi dulu. Pengajuan kami akan tempuh ke pemerintah pusat, nanti kami ajak orang pusat ke sini, soalnya di sini banjir terus,” ucapnya.

Progres penataan wilayah Subangjaya sampai saat ini baru mencapai beberapa RW. Penyebabnya karena keterbatasan anggaran. Termasuk ketersediaan tanah yang akan dijadikan lokasi penataan, juga masih menjadi persoalan.

“Sebelumnya di RW 01 Kampung Babakan Bandung mendapatkan juara I Wimala Hajarsa (pemukiman ramah lingkungan) tingkat kota dan sekarang lagi mengikuti program kampung iklim tingkat nasional. Tapi warga masih belum banyak yang memghibahkan tanahnya,” pungkasnya.(job1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up