Society

SMAN 1 Kota Sukabumi Gelar Upacara Peringatan HGN dan PGRI

Guru Harus Punya Empat Kompetensi

SESUAI dengan tema yang diangkat dalam peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 72 tahun ini, yakni Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Rahmat Mulyana berharap seiring dengan tema tersebut, sistem dan pelayanan pendidikan berkualitas akan terwujud apabila terdapat guru profesional yang memiliki kompetensi dan kesejahteraan yang terpenuhi. Guru sebagai nahkoda dalam proses pembelajaran diharuskan memiliki empat kompetensi, diantaranya kompetensi pedagogik yang merupakan kemampuan para guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik agar kelak mampu mengaktualisasikan berbagai potensi dimiliknya.

Selanjutnya  kompetensi sosial menunjukkan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat, kompetensi kepribadian yang merupakan  karakteristik pribadi guru harus menjadi teladan bagi peserta didik dan memiliki akhlak mulia dan terakhior kompetensi profesional yang merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mendorong peserta didik dalam menguasai materi diajarkan secara tuntas dan terinternalisasi pada dirinya. “Semoga dengan momen peringatan ini akan menjadi pemicu spirit baru untuk para guru untuk terus berjuang memberikan layanan pendidikan terbaik dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia,” ungkapnya.(ndi) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up