Metropolitan

Si Melon Mulai Langka

FOTO2

SUKABUMI – Elpiji tiga kilogram di Kota Sukabumi langka. Dugaan sementara, kondisi itu akibat melonjaknya permintaan karena bertepatan liburan panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan lalu.

“Setiap bulan kuota elpiji 3 kilogram di Kota Sukabumi mencapai 600 ribu tabung. Kelangkaan saat ini karena naiknya permintaan akibat libur panjang pekan lalu,” terang Ketua Hiswana Migas Sukabumi Yudha Sukmagara kepada wartawan, kemarin (7/12).

Biasanya, kata Yudha, dengan jumlah kuota sebanyak 600 ribu tabung, kebutuhan warga Sukabumi bisa terpenuhi. Namun sejak memasuki liburan panjang pekan lalu maka terjadi kelangkaan gas di beberapa titik. Yudha mengaku Sejak Rabu (6/12) hingga hari ini (kemarin) terus mendata wilayah mana saja yang mengalami kelangkaan. “Data tersebut sebagai bahan untuk pelaksanaan operasi pasar gas melon yang akan digelar pada besok (hari ini),” kata dia.

Pelaksanaan operasi pasar gas melon sudah disetujui Pertamina sebagai upaya mengatasi kelangkaaan di tengah masyarakat. Dia menerangkan jumlah tabung elpiji yang disiapkan untuk operasi pasar masih belum bisa dipastikan jumlahnya. Pasalnya, pendataan daerah yang mengalami kelangkaan masih terus berlangsung. Menurut Yudha, pelaksanaan OP nantinya bisa dilakukan di kantor kelurahan maupun kecamatan yang wilayahnya dilaporkan terjadi kelangkaan. “Warga disarankan membawa kartu tanda penduduk (KTP) sebagai bukti domisili. Jangan sampai warga dari luar daerah membeli gas melon di tempat tersebut karena kuota untuk masing-masing wilayah telah ditetapkan sesuai pendataan,” tandas dia.

Saeful Alam, 59, pedagang makanan ringan di Jalan Nyomplong, mengaku harus rebutan mendapatkan jatah dari pangkalan. Terlambat saja sedikit, maka dijamin akan kehabisan. “Kalau terlambat setengah jam ke pangkalan, pasti tidak kebagian jatah,” terang dia.

Sementara itu Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, Pemkot Sukabumi segera berkoordinasi dengan Hiswana Migas terkait informasi kelangkaan gas melon. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan jangan terganggu oleh isu-isu yang belum jelas sumbernya. Intinya pemkot berharap bila terjadi kelangkaan maka harus segera dilakukan upaya untuk mengatasinya. “Koordinasi dilakukan untuk mendapatkan informasi kelangkaan elpiji tiga kilogram dan juga mencari solusi terbaik dari masalah yang ada,” tandas dia.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up