Gerbang Desa

Seluruh Desa di Gunungkidul Miliki Website

KEDUA
INOVASI: Langkah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, cukup inovatif sehingga seluruh desa di wilayah itu saat ini memiliki website sendiri.

YOGYAKARTA – Seluruh Desa di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini sudah memiliki sistem informasi desa atau website desa yang terintegrasi dengan sistem informasi kabupaten.
Dengan adanya website di desa yang dulunya dikenal sebagai wilayah yang tandus dan terbelakang ini, diharapkan nantinya berbagai data dan informasi yang valid dapat disajikan dan diakses. Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono, Rabu (26/4) mengemukakan, saat ini semua desa sudah memiliki domain desa yakni namadesa-kecamatan.desa.id.

Ia menyontohkan, Desa Karangwuni di Kecamatan rongkop dapat diakses melalui www.http://karangwuni-rongkop.desa.id demikian desa-desa yang lainnya. Drajad menambahkan, SID (Sistem Informasi Desa) itu ditujukan untuk mendukung pengolahan sumber daya berbasis komunitas tingkat desa dengan prinsip pengelolaan yang partisipatif, transparan, akuntabel, inklusif dan berkelanjutan.

“Sistem ini diharapkan bisa memberikan informasi yang lebih transparan dan bisa digunakan untuk program pemerintah yang lebih baik. Semoga ke depan semakin baik,” kata Drajad.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengimbau seluruh kepala desa memanfaatkan SID untuk layanan publik, jurnalisme desa dan pengelolaan data. SID sudah terkoneksi dengan SIK sebagai dasar penetapan sasaran kegiatan 2018. “Selain itu tentang keberlangsungan keterbukaan publik seperti penggunaan APBDes bisa disampaikan,” katanya.

Ia berharap SID ini bisa memberikan data yang lebih terperinci terkait potensi desa. Selama ini Gunung Kidul sering dianggap wilayah yang kurang berkembang dengan angka kemiskinan 21,7 persen.

Pemanfaatan sistem IT juga dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang meluncurkan layanan publik berbasis teknologi informasi menggunakan android. “Sistem informasi inovasi pelayanan publik itu diberi nama PDAM Bantul SIAP PRIMA atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Pengaduan, Rekening, Informasi lain Melalui Android,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Bantul Yudi Indarto di Bantul.(*/bbs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up