Hukum & Kriminal

Satreskrim Bekuk Kawanan Curanmor

SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota mengamankan enam pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang sudah sering melancarkan aksinya Sukabumi. Dari enam orang tersangka tersebut, satu orang di antaranya telah melakukan pencurian sepeda motor di 14 titik berbeda di Kota Sukabumi.

Data Satreskrim Polres Sukabumi Kota menyebutkan, dari enam tersangka itu empat orang diantaranya terkait kasus pencurian dengan pemberatan sepeda motor. Mereka adalah DR alias Japra, AP alias Blek, HR dan DK. Sementara itu, kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dengan dua tersangka diantaranya DA alias Dendi dan DJ.

“Dalam beberapa hari terakhir kami mengungkap kasus curanmor dan curas sebanyak enam orang tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Budi Nuryanto kepada wartawan, saat menggelar press release, Sabtu (3/3).

Budi menambahkan, modus yang dilancarkan pelaku terbilang klasik. Seperti laporan kejadian pencurian sepeda motor di halaman parkir rumah makan kawasan Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi pada 14 Februari 2018 silam. Pertama-tama pelaku mengintai sepeda motor yang terparkir di halaman rumah makan.

Setelah menemukan target, pelaku kemudian merusak kunci sepeda motor dengan menggunakan kunci letter T. Mereka membawa sepeda motor hasil curian kepada tersangka lainnya untuk dijual,” papar Budi.

Salah seorang pelaku berinisial DR alias Japra tercatat sudah telah melakukan aksi pencurian di wilayah Kota Sukabumi sebanyak 14 kali. Sebelumnya, Japra juga pernah dihukum dalam perkara yang sama dan sempat mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nyomplong, Kota Sukabumi.

Masih kata Budi, untuk dua tersangka lainnya diketahi melakukan curas di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, Kampung Cicau Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, pada 18 Februari 2018 lalu. “Tersangka DA dan DJ melakukan pencurian sepeda motor dan merampas handphone korban dengan kekerasan, menggunakan golok corbek,” jelas dia.

Akibat perbuatan para pelaku, Budi mengatakan, empat tersangka kasus curanmor dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. “Sementara tersangka curas dikenakan Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara,” tandasnya.(ovi/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up