Metropolitan

Satpol PP Sisir Rumah Kontrakan

PHOTO3

SUKABUMI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi gencar melakukan razia administrasi kependudukan ke rumah kontrakan dan kos-kosan. Hal ini untuk menekan jumlah pelanggaran pasal 9 ayat (2) karena membawa tamu berlainan jenis kelamin ke dalam kamar kos atau kontrakan.

Kepala Bidang Penegak Perda (Kabid Gakda) Ajat Sudrajat mengatakan, operasi yustisi penertiban rumah kos dan kontrakan ini melibatkan aparat kepolisian dan Koramil setempat. “Operasi ini dilakukan dengan beberapa pola, di antaranya mendatangi indekos dan rumah sewaan yang ada di wilayah Kota Sukabumi,” ujarnya, kemarin (11/2).

Lanjut Ajat, beberapa waktu lalu pihaknya melakukan operasi yustisi selama dua hari berturut-turut. Yaitu pada Rabu (7/2) hingga Kamis (8/2) dini har. Adapun lokasi yang disisir di antaranya Jalan Parigi, Jalan Cemerlang dan Jalan Taman Bahagia.

Dari hasil penyisiran, kata dia, petugas mendata sebanyak 62 penghuni kos dan kontrakan. 52 orang memperlihatkan identitasnya dan tiga pasangan di antaranya bukan suami istri.

“Tiga pasangan yang bukan suami istri tersebut juga kami data, diberi teguran lisan dan diimbau untuk tidak berduaan di kamar hingga berbuat asusila,” tandasnya.

Menurutnya, operasi yustisi dilakukan atas dasar hukum Perda Nomor 8 tahun 2017 tentang penataan tempat indekos dan atau rumah kontrakan. Sedangkan pasal yang dilanggar adalah pasal 9 ayat (2) karena membawa tamu berlainan jenis kelamin ke dalam kamar kos atau kontrakan.

“Menurut kami, penertiban seperti ini harus sering dilakukan, sebab setiap kali melakukan penyisiran ada saja warga yang melanggar. Hal ini terjadi tentunya mereka merasa nyaman di Kota Sukabumi, dan kami berharap ada sanksi tegas nantinya untuk yang melanggar,” tegasnya.(Ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up