Gerbang Desa

Satpol PP Latih 50 Anggota Linmas Desa

PENTING: Peran anggota Satlinmas cukup penting dalam mendukung berbagai agenda kegiatan maupun saat terjadi bencana.

Berperan Strategis Dukung Agenda Pembangunan

PLARA – Sebanyak 50 anggota linmas mengikuti pelatihan dan pembinaan pengendalian ketentraman dan ketertiban umum wilayah di aula Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu, kemarin (16/5).

Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman, mengatakan linmas memiliki peran yang strategis dalam mendukung dan menyukseskan agenda-agenda pembangunan dan penanganan bencana. “Linmas sudah ada aturannya. Tugasnya membantu pemerintah termasuk pemerintah desa dalam penyelenggaraan trantibum dan penanganan bencana,” ujar dia.
Dengan begitu, Dedi berharap hal ini dapat mendorong dan memotivasi peran aktif masyarakat untuk ikut mewaspadai berbagai hal yang berpotensi menjadi ancaman terhadap gangguan trantib masyarakat. “Peran aktif masyarakat sangat penting dalam menjaga trantibum di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

Kasi Pemberdayaan Satlinmas Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri, menyebutkan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Satlinmas dalam menjaga ketertiban umum di Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu, dan Cisolok. Menurut dia, Satlinmas perlu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bela negara, serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan aparat penegak ketertiban dan keamanan lainnya. “Semoga dengan adanya kegiatan ini satlinmas bisa berperan aktif sesuai tupoksinya. Terlebih juga dikaitkan dengan geopark, Linmas tak bisa dipisahkan dalam trantibum tranmas,” papar dia.

Kegiatan ini bukan kali pertama. Sebelumnya juga sudah empat kali dilaksanakan di Ciracap, Ujunggenteng, Pabuaran, dan Karangpapak. “Satlinmas dituntut menjadi garda terdepan dalam upaya mitigasi bencana. Jadi, sesuai dengan target penopang Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, kami memberdayakan fungsi linmas serta melibatkan peran serta masyarakat guna tercipta keamanan wisata,” pungkasnya.(job2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up