Metropolitan

Satgas Penjaga Umat Hantam Isu Tak Jelas

SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota bersama puluhan anggota ormas islam membentuk Satgas Penjaga Umat yang secara khusus bertugas menjaga ulama dan menjaga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang kini isunya sudah semakin liar, terutama di jagad media sosial. Padahal, di Kota Sukabumi tak ada ODGJ yang menyerang ulama.

“Kali ini kami membentuk Satgas Penjaga Umat. Selain itu, kami sekaligus berikan bantuan sandang, pangan dan papan kepada yayasan yang menangani ODGJ,” terang Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro usai melepas bantuan di Mapolres Sukabumi Kota, Senin (12/2).

Satgas diharapkan bisa menjadi counter isu yang merebak tentang ulama dan ODGJ. Melalui momentum kali ini pula, Susatyo berharap masyarakat tak lagi termakan isu-isu tak jelas tentang ODGJ dan ulama di Kota Sukabumi. Warganet juga diharapkan lebih bijak saat berselanjar di dunia maya, serta tak membagikan konten yang bernada provokatif.

“Kedepan, ODGJ akan diantar untuk melakukan proses rehabilitasi. Dibantu petugas Satpol PP, Dinas Sosial, RSUD R Syamsudin SH dan lain-lain. Kami juga harapkan netizen bijak dalam menggunakan medsos,” pungkas Susatyo.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al Islamiyyah Sukabumi, Faturrahman mengungkapkan apresiasinya terhadap pembentukan Satgas Penjaga Umat. Menurutnya, isu yang berkembang di medsos dan cenderung provokatif perlu diwaspadai. Ia mengaku siap bergandengan dengan aparat kepolisian untuk menjaga ulama, sekaligus memperlakukan ODGJ dengan sebagaimana mestinya.

“Tidak hanya umat Islam, melainkan semua agama. Tapi yang paling utama untuk menjaga ulama. Ketika melihat ODGJ, sebaiknya segera laporkan aparat yang berwenang. Harus waspada, tapi jangan berlebihan,” pungkasnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up