Wisata Bisnis

Sambal Ulek Botolan Lebih Praktis

FOTO4

SUKABUMI – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sukabumi makin bergeliat. Misalnya seperti, Susan warga Kampung Pasirhalang RT. 2/8 Desa Langensari Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang berhasil memasarkan produk Sambal Ulek Dafakan Ucan.

Usaha yang digarap Sekretaris Asosiasi Pasar Tani (Asparta) Kabupaten Sukabumi itu kini telah dinikmati masyarakat lokal hingga luar daerah lain.

Anggota Koprasi Syariah Koperasi Serba Usaha Salimah (Kossuma) Kota Sukabumi menuturkan, produk andalannya dikemas dalam bentuk botolan 160 gram. Ia mengaku sudah memproduksi 2.000 botol dalam tiga bulan ini, dari sebelumnya hanya 450 botol per hari saja.

“Alhamdulilah, pesanan saat ini terus meningkat. Pertama itu dalam satu hari hanya mampu memproduksi 1 kg saja. 1 kg ini bisa jadi 450 botol,” ujar dia.

Artinya, sambung Susan, ribuan botol itu jika dirata-ratakan mencapai 5 kg per hari dengan sebelas varian rasa. Di antaranya, strawbery, nanas, mangga, pete, jengkol, teri, cumi, honje, terasi, bawang dan tomat.

“Dikarnakan produk kita tidak menggunakan bahan pengawet, kekuatan sambel ini pun hanya untuk 20 hari, kalau masuk frezzer (pendingin,red) sih lebih dari itu,” timpal dia.

Menurut Susan, harga sambal buatannya dipasarkan dengan dua cara. Sebut saja, grosiran dan eceran.

“Untuk penjualan langsung sekitar Rp 12 ribu per botol dan ecerannya Rp 17 ribu. Tapi itu bisa dinego tergantung kebutuhannya,” tandas dia.

Lebih jauh, Susan menambahkan, pertimbangan mengolah sambal sendiri karena makan tak bisa dipisahkan dengan sambal. “Orang kita itu tak mau repot, oleh karena itu saya memilih usaha sambal ulek dalam kemasan botol ini agar lebih praktis dibawa kemanapun dan menjadi kebutuhan pokok,” terang Wakil Sekretaris DPD KNPI Jabar 2014-2017 itu.(mg1/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up