Tatar RT-RW

RPK Putra Amarta Bantu Distribusi BPNT

OPEN Tatar
IST LANCAR: Proses pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) di Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang berjalan lancar berkat bantuan RPK Putra Amarta.

Mempermudah Pengambilan bagi Penerima Program Tersebut

JL TIPAR – Rumah Pangan Kita (RPK) Putra Amarta Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang membantu pemerintah mendistribusikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tujuan dibentuknya RPK untuk mempermudah penyaluran program tersebut.

Ketua RPK Putra Amarta, Azis Muslim, menjelaskan sebelumnya pendistribusian BPNT terkesan sedikit memberatkan masyarakat penerima manfaat.
“Ini merupakan bentuk kepedulian kami. Pencairan BPNT pertama kan seluruh peserta pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) harus mendatangi kecamatan. Bayangkan bagi yang rumahnya jauh,” ucap Azis kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (8/6).

Kini RPK yang perdana ada di Kota Sukabumi itu menjadi solusi bagi pemilik KKS. Selain itu harga sembako juga bisa dikontrol melalui RPK. “Penerima bisa mengambil setelah jelas memiliki KKS dengan PIN dan juga saldo tidak hangus begitu saja. Jika belum dicairkan nanti akan diakumulasi dengan pencairan yang akan datang,” jelasnya.

Persoalan lain yang muncul yakni ketidakpahamannya peserta terhadap metode pengunaan kartu dan PIN lantaran tak sedikit penerima manfaat yang sudah berusia lanjut. “Kami juga bantu edukasi masyarakat terutama yang sudah lanjut usia. Kebanyakan mereka tidak mengerti kerahasiaan PIN, padahal kan isinya uang,” tandas Azis.

Yuyu Yuliani, penerima KKS asal Kelurahan Tipar, mengaku keberadaan RPK Putra Amarta cukup membantunya mengambil bantuan program inisiasi Kementerian Sosial itu. “Pencairan yang pertama saya cukup kesulitan. Saya awalnya tidak tahu serta harus berdesak-desakan saat mengambilnya sehingga waktu itu hanya sekadar antre saja tak kuat,” tandasnya. (job1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up