Sukabumi Raya

Rencana Pertambangan Pasir Kuarsa Ditolak Warga

NO PHOTO

Dianggap Membawa Dampak Buruk dan Merusak Infrastruktur

CIBADAK – Sebagian warga Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi menolak rencana kegiatan pertambangan pasir kuarsa yang dilakukan CV Tenjomaju dalam waktu dekat ini. Bukan tanpa alasan, penolakan tersebut sebagai bentuk kekhawatiran masyarakat yang tak ingin infrastruktur jalan dan sarana lainnya rusak akibat aktivitas pertambangan.

“Kami, masyarakat Desa Sukasirna, khususnya warga RW 05, 06, 07 dan 08 menolak,” ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya usai kegiatan sosialisasi izin lintas di Kantor Kepala Desa Sukasirna, kemarin (4/3).

Menurutnya, masyarakat mendukung penuh apabila ada investor yang masuk. Namun, dikhawatirkan nantinya malah akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan sulit saat dimintai kepeduliannya terhadap peningkatan infrastruktur yang ada.

“Kami berharap kedepannya ada dukungan penuh dari perusahaan tersebut tentang kemaslahatan masyarakat, serta memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak merugikan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukasirna, Deni Riswandi mengatakan, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) hanya menjadi fasilitator antara perusahaan dengan masyarakat. Pihak desa ingin memberikan solsusi agar kegiatan yang dilakukan oleh CV Tenjomaju dapat dilaksanakan, namun tanpa mengesampingkan apa yang menjadi keinginan masyarakat.

“Kami Pemdes akan berbuat semaksimal mungkin agar kegiatan tersebut tidak merugikan masyarakat dan berupaya mencari solusi terbaik agar kedua belah pihak sama-sama diuntungkan,” pungkasnya.

Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan, pihak perusahaan belum bisa memberikan penjelasan dan rencana pembangunan kedepan.(mg1/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up