Sukabumi Raya

Relawan PMI Selamatkan Lutung Jawa

SUKABUMI – Seekor Lutung Jawa (Trachipithecus auratus) berhasil diselamatkan dari penjualan satwa dilindungi. Kini satwa itu sudah dikirim ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Kecamatan Nyalindung.

“Awalnya kami mendapatkan informasi dari BPBD. Kabarnya ada warga yang memiliki Lutung Jawa. Bahkan informasinya akan dijual,” terang Relawan PMI Kabupaten Sukabumi, Asep Has, kepada wartawan, kemarin (9/1).

Relawan PMI Kabupaten Sukabumi bergerak memastikan informasi itu. Mereka mendatangi rumah pemelihara Lutung Jawa di Kampung Cijerah Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran. “Kami negosiasi dan memberikan pemahamanan kepada pemeliharannya jika Lutung Jawa itu merupakan satwa dilindungi,” ujarnya.

Sementara itu, aktivis PPSC, Budiharto, mengatakan Lutung Jawa merupakan satwa terancam punah dan merupakan jenis hewan yang hidup di hutan heterogen. “Pemerintah telah memasukkan Lutung Jawa sebagai salah satu satwa yang dilindungi. Spesies ini masuk kategori konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar karena populasinya mendekati terancam hingga punah,” tambahnya.

PPSC bersama mitra organisasi seperti PMI terus gencarkan melakukan edukasi kepada warga dan berupaya memberikan pemahaman tentang spesies endemik Jawa yang perlu diketahui, dilindungi, serta dijaga kehidupannya agar tetap bertahan hidup di alamnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up