Metropolitan

Ratusan APS Paslon Ditertibkan

NO PHOTO

SUKABUMI – Ratusan Alat Peraga Sosialisasi (APS) pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) bersama dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi. Pemasanan alat peraga tersebut dinilai menyalahi peraturan daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Penegak Perda (Gakda) Satpol PP Kota Sukabumi Ajat Sudrajat mengatakan, APS yang memang dikatagorikan salah menurut peraturan daerah nomor 17 tahun 2012 mulai ditertibkan. Baik yang dipasang di pohon, tiang listrik termasuk baliho dan baner yang memang belum masuk tahapan Pilkada.

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak Panwas. Penertiban bukan hanya APS parpol saja, termasuk reklame niaga dan juga sponsor yang lainnya,” ujar Ajat saat penertiban di Jalan Pelabuhan II Kota Sukabumi, kemarin (12/2).

Lanjut Ajat, penertiban APS dilakukan sejak pada pukul 09.00 hingga  13.40 WIB mulai dari batas Kota Sukabumi Kecamatan Lembursitu, Jalan Palabuhan II, Jalan Baros, Jalan Otista dan dalam kota. Dia mencatat, pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye hampir dilakukan oleh semua bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi.

“Kami menyisir mulai batas kota hingga dalam kota. Dengan jumlah personil 50 orang anggota Satpol PP dan lima kendaraan,” terangnya.

Hasil dari penyisiran disejumlah lokasi, kata Ajat, pihaknya menertibkan sebanyak 270 buah reklame paslon berupa banner sebanyak 238 buah, balogo 29 buah dan spanduk 3 buah. Sedangkan reklame niaga sebanyak 94 buah terdiri dari baligo 10 buah, banner 72 buah, standing banner 5 buah dan spanduk 7 buah.

“Secara keseluruhan ada sebanyak 364 buah reklame yang kita tertibkan. Terdiri dari reklame paslon sebanyak 270 dan reklame niaga 94 buah. Adapun jenis pelanggarannya yaitu dipasang atau ditempel di pohon, melintang di jalan raya dan tidak berizin,” urainya.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Sukabumi M Aminuddin menjelaskan, pembersihan APS ini sebelumnya sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Terlebih, Panwas dan Satpol PP sudah memberikan imbauan kepada parpol pengusung juga relawan, bahwa APK yang tidak sesuai dengan kewenangan perda harus segera dibersihkan karena belum masa kampanye.

“Hari ini kita mendampingi kegiatan Satpol PP, karena kewenangan dan kewajiban bersama,” ujarnya.

Selain itu, Aminuddin mengaku sudah mengkoordinasikan serta memberikan intruksi kepada setiap kecamatan untuk segera membersihkan baliho di jalan-jalan lingkungan. “Sudah kami intruksikan kepada setiap kecamatan untuk membersihkan APS di jalan-jalan lingkungan,” tandasnya.(ovi/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up