Metropolitan

Puluhan Prajurit Kodim Dites Urine

SUKABUMI – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi melakukan tes urine kepada puluhan anggota TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0607/Sukabumi, kemarin (5/3). Giat tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dilingkungan TNI.

Kepala BNNK Sukabumi, AKBP Deni Yus Danial mengatakan, tes urine tersebut merupakan implementasi peran serta TNI dalam dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Sedikitnya 25 prajurit TNI di lingkungan Kodim 0607/Sukabumi dites urine.

“Hasilnya semua negatif. Kami BNN, TNI, Polri, serta seluluruh komponen bangssa ini harus terus bergandengan tangan dalam menangani permasalahan narkoba, sehingga sedikit demi sedikit dapat mengurangi angka penyalahgunaan narkoba,” ungkap Yus Danial kepada Sukabumi Ekspres disela-sela tes urine.

Lebih lanjut, Yus Danial menjelaskan, peran serta seluruh elemen masyarakat juga dibutuhkan untuk mencegah dan mengurangi permintaan narkoba serta membantu generasi muda bebas narkoba. Menurutnya, sistem yang paling besar dan kuat dalam pencegahan adalah apabila terbentuk jaringan yang saling mendukung, saling bertukar informasi dan saling bekerja untuk mewujudkan masyarakat yang bebas narkoba.

“Dapat dikategorikan mulai dari lingkungan pendidikan sekolah ataupun pendidikan kampus, lingkungan perusahaan, lingkungan kerja instansi pemerintah, TNI/Polri, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, lingkungan tokoh agama dan lingkungan media massa yang memberikan informasi secara benar dan akurat,” bebernya.

Terlebih, lanjut Yus Danial, peran serta masyarakat dalam P4GN dijamin dalam Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dalam pasal 104 dan 105 tertulis, masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membangun pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.

“Masyarakat bisa bisa mencegah dengan cara mencari, memperoleh dan memberikan informasi adanya dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Intinya semua harus bahu-membahu dalam memberantas narkoba,” pungkas Yus Danial.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up