Menuju Balai Kota

Program Sertifikat Tanah Gratis, BPN : Bisa Disukseskan Semua Calon

Kota Sukabumi Dapat Kuota 35 Ribu Sertifikat Gratis

JL SILIWANGI – Kantor Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) akan memberikan sertifikat gratis kepada 35 ribu bidang tanah di Kota Sukabumi tahun 2018, mendatang. Program yang dinamakan Pendaptaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau pengganti Proyek Operasi Nasoinal Agraria itu murni dibiayai oleh APBN Pusat.

“Tahun ini ada 11 ribu bidang tanah yang mendapat sertifikat gratis. Selanjutnya di tahun 2018, ada sekitar 35 ribu yang kita gratiskan,” kata Kasi Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan BPN Kota Sukabumi, Pransiscus Muljoto kepada Sukabumi diruang kerjanya, kemarin (6/11).

Program PTSL tersebut digulirkan berkat adanya kesepakatan antara Menteri Keuangan, Menteri ATR/BPN dan Menteri Dalam Negeri Republik Indesia. Khususnya dalam menyukseskan Program Nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Karena sudah ditanggung oleh negara, beberapa point yang digratiskan misalnya biaya pengukuran, biaya panitia, biaya penerbitan sertifikat dan biaya pendaftaran nol rupiah,” jelasnya.

Hanya saja, kata Fransiscus menegaskan ada beberapa point yang tidak ditanggung oleh negara dalam pembuatan sertifikat tanah gratis tersebut. Hal itu berupa biaya materai, dan fotocopy.

“Hal ini kenapa saya sampaikan, karena selalu ditemui masyarakat yang kurang faham. Padahal jika dilihat mamfaatnya, sertifikat ini dapat menghindari berbagai masalah. Misalnya sengketa batas, menata dan melindungi hak keperdataan pemilik tanah masing – masing,” paparnya.

Untuk menyukseskan program PTSL tersebut, Fransiscus memimta adanya keterlibatan kepala daerah Pemkot Sukabumi. Kalaupun dipertengahan tahun 2018 nanti, ada pergantian wali kota dan wakil wali Kota Sukabumi. Ia berharap siapapun calon penggantinya harus menyukseskan program PTSL tersebut.

. “Program ini harus disukseskan oleh semua calon wali kota dan wakil wali kota sukabumi, tanpa terkecuali jika ada yang terpilih menjadi kepala daerah Pemkot Sukabumi,” pungkasnya.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up