Metropolitan

PPDP Harus Netral

PHOTO1

Tidak Tercatat Sebagai Pengurus Partai

SUKABUMI – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Sukabumi 2018 diminta melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) secara akurat dan maksimal. Jika berkinerja baik, mereka akan diproyeksikan menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Mereka ini bagian dari penyelenggara. Kalau hasil kerja dan integritas mereka dinilai baik maka diprioritaskan menjadi anggota KPPS,” kata Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, usai bimbingan teknis anggota PPDP, kemarin (17/1).

PPDP merupakan bagian dari penyelenggara pemilihan gubernur dan pilwalkot. Jumlahnya di Kota Sukabumi sebanyak 527 sesuai dengan jumlah TPS. PPDP bertugas melakukan pencocokan dan penelitian dengan mendatangi rumah warga.

Wilayah tugasnya sesuai dengan wilayah masing-masing TPS. Mereka bertugas selama sebulan terhitung setelah hari pelantikan sampai penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Mereka mulai bekerja pada tanggal 20 Januari 2018 dan turun ke lapangan secara serentak. Masing-masing bertanggung jawab melakukan coklit calon pemilih yang ada di masing-masing TPS,” kata Hamzah.

PPDP berbagai macam latar belakang sosial dan kemasyarakatan, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan pemuda, maupun kader posyandu. Pertimbangan diterimanya PPDP di antarnya netralitas dan integritas. “Bukan pengurus partai. Mereka juga bertugas menyosialisasikan hari pemilihan dan mengajak bagi yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan,” jelas Hamzah.

Karena mereka termasuk sebagai petugas penyelenggara, maka mereka harus netral alias tidak berpihak pada salah satu pasangan.

Bimtek bagi PPDP dilakukan selama satu hari di tiga tempat. Alasannya karena tidak ada ruang yang mampu menampung sebanyak 527 orang secara bersamaan. “Makanya digelar di tiga lokasi. Komisioner dan petugas dari KPU juga dibagi di tiga lokasi,” pungkasnya.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up