Metropolitan

Polres Sukabumi Kota Buka Layanan SIM Online

FOTO3

SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota membuka pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) online tahun ini. Upaya itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat.

“Terhitung 8 Januari 2018, penerbitan SIM baru dan perpanjangan sudah bisa dilayani secara online seluruh Indonesia, termasuk bagi warga Kota Sukabumi,” kata Kasatlantas Polres Sukabumi Kota AKP Agoeng Ramadhani, kemarin (8/1).

Dengan demikian, warga yang berdomisili di luar Kota Sukabumi bisa membuat maupun memperpanjang SIM di Polres Sukabumi Kota. Masyarakat bisa membuat SIM secara online dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Untuk SIM baru, pemohon wajib melampirkan KTP elektronik asli dan fotokopi. “Selain itu, pemohon harus melampirkan surat keterangan kesehatan dari dokter,” terang dia.

Sementara itu untuk memperpanjang SIM, pemohon harus melampirkan KTP elektronik asli dan fotokopi sebelum masa berlakunya habis. Termasuk melampirkan surat keterangan dokter. “Untuk SIM yang masa berlakunya sudah habis dapat diproses seperti permohonan SIM baru,” terang Agoeng.

Kelebihan adanya pembuatan SIM online, kata dia, jika masyarakat Kota Sukabumi berada di luar daerah, bisa membuat SIM di tempat dia tinggal sementara. Begitupun sebaliknya, warga luar daerah yang tinggal di Kota Sukabumi juga bisa membuatnya di wilayah tersebut. Di hari pertama sedikitnya jumlah pemohon pembuatan SIM baru mencapai 150 dan perpanjangan SIM telah masuk ke data online. “Kelebihannya, orang yang punya KTP di luar Sukabumi bisa memperpanjang di sini. Hampir semua polres sudah memberlakukannya,” tandasnya.

Mochamad Diky Darmawan, 23, warga Kabupaten Cianjur yang tinggal di Kota Sukabumi mengatakan, adanya sistem SIM online ini bisa mempermudah proses pembuatannya. Dia tak perlu pulang ke Cianjur untuk mengurusinya. “Bagus banget adanya SIM online ini. Jadi saya yang bekerja di Sukabumi tidak harus jauh-jauh bolak-balik ke Cianjur hanya untuk memperpanjang SIM,” tandas dia.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up