Politika

Pileg Lebih Rentan Potensi Pelanggaran

PHOTO3

SUKABUMI – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sukabumi Agung Munajat memprediksi potensi terbesar pelanggaran pemilu akan terjadi di pemilihan legislatif dan pemilihan Bupati.

“Potensi di Pilgub biasanya hanya menjelang hari H pemilihan, tapi kemungkinannya kecil. Justru lebih besar di pemilihan legislatif dan pemilihan bupati,” ungkap Agung, kemarin (28/2).

Pelanggaran yang disorot, kata Agung, terutama politik uang dan politisasi SARA dengan cara menyebar berita bohong. “Bila masih ada pelanggaran semacam ini tentu akan menciderai demokrasi,” tandasnya.

Dengan politik uang, lanjut dia, akan terpilih pemimpin yang tidak bermartabat. Sehingga kita akan semakin terpuruk dan semakin korup. “Kami harapkan di Sukabumi tidak ada money politik dan politisasi sara,” harapnya.

Sebagai bentuk antisipasi kedua pelanggaan tersebut, Agung mengatakan pihaknya gencar melaksanakan sosialisasi kepada semua stake holder. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa masyarakat tidak mudah terlena dan segera melaporkan jika mendapat temuan dugaan pelanggaran.

“Semua elemen masyarakat bisa mengawasi. Termasuk mengawasi kami. Jangan takut untuk melaporkan dugaan pelanggaran, termasuk dugaan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilu. Yaitu kami Panwaslu dan KPU,” tegasnya.

Lantaran, sambung dia, pengawasan bukan hanya sekedar peserta dengan peserta, peserta dengan penyelenggara, penyelenggara dengan penyelenggara, penyelenggara dengan masyarakat. Namun juga termasuk di tubuh Panwaslu sendiri, sebab itu akan menjadi teguran bagi panwaslu.

“Jika ada komisioner yang bermasalah silahkan laporkan ke Bawaslu. Dan bila ada bawahan kami yang bermasalah silahkan laporkan ke kami,” pungkasnya.(aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up