Metropolitan

Perindo Siapkan Puluhan Ribu Gerobak

PHOTO5

SUKABUMI – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terus menyalurkan bantuan gerobak bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di berbagai daerah. Di Jawa Barat, partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu banyak menyalurkan gerobak bagi para pedagang.

Belum lama ini, penyaluran bantuan gerobak diberikan kepada para pedagang di Kabupaten Sukabumi. Sekarang bantuan serupa diberikan juga kepada 10 pedagang Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Masing-masing daerah mendapat jatah lima unit gerobak.

Di Kabupaten Bandung, para pedagang mitra binaan Perindo antusias mengikuti acara serah terima yang digelar di Cipedung, Cibodas. Lokasinya tak jauh dari Stadion Jalak Harupat. Mereka sehari-hari berjualan mi bakso, minuman jus buah, ayam goreng, dan aneka gorengan.

Sulastri, satu di antara pedagang warga Kecamatan Majalaya, mengaku bersyukur dan senang sekali mendapatkan bantuan gerobak berjualan yang lebih representatif. Menurutnya, gerobak yang diterima sangat sesuai dengan jenis dagangannya yakni mi bakso.

“Bahan kayunya kuat dan desainnya menarik. Apalagi letak lubang untuk kompor pas untuk jualan mi bakso. Terima kasih Pak Hary Tanoe, saya senang sekali,” ucapnya menyebut nama Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang menginisiasi program nasional gerobak ini.

Euis, pedagang lainnya warga Kecamatan Paseh yang berjualan jus buah pun mengapresiasi bantuan gerobak yang diterimanya sangat bagus. Dia berharap dengan kondisi gerobak yang bagus akan menambah jumlah pelanggan dan meningkatkan omzet.

Penerima lainnya yakni Erna Mustikawati dari Bale Endah, Nani Sumarni dan Kulsum dari Paseh. Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua DPD Perindo Kabupaten Bandung Tubagus Madya.

Di Kabupaten Bandung, serah terima gerobak ini merupakan tahap ketiga. Sebelumnya partai berlambang rajawali biru ini menyerahkan gerobak pada Januari lalu dan akan terus bergulir.

“Sampai sekarang, total Perindo telah membagikan 30 unit gerobak,” kata Wakil Ketua Bidang Sosial Ekonomi DPD Perindo Kabupaten Bandung Imas Rostiana.

Syarat mendapatkan bantuan gerobak terbilang mudah. Calon penerimanya hanya menyerahkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan sudah berjualan minimal satu tahun.

Sementara itu, DPD Perindo Kabupaten Bandung Barat (KBB) juga menggelar acara serupa. Sebanyak lima gerobak diserahkan pada mitra binaan sehingga secara keseluruhan 15 gerobak sudah disalurkan Perindo Kabupaten Bandung Barat.

Mereka yang menerima adalah Asep Hidayat penjual gorengan asal Cipatat, Atang penjual bakso di Cihampelas, Wawan Darmawan pedagang bubur ayam di Cisarua, Kasli Rosadi penjual bakso di Cipeundeuy, dan Wiwi Suparna yang berjualan bubur di Padalarang.

“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan gerobak ini. Harapannya usaha saya bisa maju dan Perindo juga bisa sukses di Pemilu 2019,” kata Atang.

Ketua DPD Perindo KBB, Edi Mirwan, berharap para pedagang semakin bersemangat dan termotivasi untuk semakin meningkatkan usahanya. Terlebih Perindo juga memberikan pendampingan dan pelatihan pada mereka. “Bantuan ini tentunya harus diimbangi dengan kerja keras penerima gerobak,” kata dia.

Wakabid UMKM dan Koperasi DPW Perindo Jabar, Iwan Setiawan, mengatakan secara keseluruhan DPP Perindo menyiapkan 20 ribu gerobak UMKM untuk disebar ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Dengan jumlah 636 kecamatan di Jawa Barat, maka setiap kecamatan akan mendapatkan alokasi 30 gerobak.(aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up