Pendidikan

Peran Lulusan Perguruan Tinggi Strategis

SUKABUMI – Keberadaan perguruan tinggi memiliki peran yang strategis di tengah-tengah masyarakat. Lulusan perguruan tinggi di daerah diharapkan memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah. Caranya dengan memberikan gagasan dan ide-ide yang membangun sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing.

Kehadiran perguruan tinggi di daerah merupakan  hal yang sangat dibutuhkan. Bukan saja sebagai tempat mencetak kader-kader generasi penerus, tetapi perguruan tinggi juga sebagai wahana pembinaan sehingga dapat menghasilkan ide-ide cemerlang dalam berkontribusi untuk kemajuan daerah.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya pada acara Wisuda STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Angkatan ke XV tahun 2016-2017 di Gedung Anton Sujarwo Komplek Stukpa Sukabumi, kemarin (22/11).

“Selain itu, civitas akademika juga perlu berupaya membekali lulusannya dengan keterampilan dan semangat kemandirian agar dapat terjun ke sektor pekerjaan mandiri yang produktif,” jelas Marwan.

Seorang sarjana dikatakan mandiri jika dalam dirinya memiliki sikap bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya, mampu mengatasi kesulitan, menyelesaikan masalahnya sendiri, mengenal kemampuan diri sendiri, berpikir positif, dan berwawasan global. “Paling penting adalah berkontribusi positif demi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri,” tandasnya.

Ketua STISIP Widyapuri Mandiri Pepep Sulaeman mengatakan, jumlah sarjana yang diwisuda sebanyak 159 orang mahasiswa. Mereka diharapkan mampu diserap baik oleh instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN/BUMD, maupun menjadi wirausahawan muda. Intinya para lulusan ini dapat berkontribusi positif pada perkembangan dan kemajuan daerah. Misalnya dalam bidang pemerintahan di desa, kelurahan, hingga kabupaten.

“Mereka terdiri dari 89 orang dari jurusan administrasi publik, sebanyak 60 orang dari ilmu pemerintahan, dan sebanyak sepuluh orang dari ilmu komunikasi,” ujar dia.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up