Metropolitan

Penyerapan DBHCHT Tahun 2017 Meningkat

FOTO3

SUKABUMI – Penyerapan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2017 di Kota Sukabumi meningkat, yakni mencapai Rp3,8 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp3,7 Miliar. “Dana ini cukup berpotensi untuk mendorong pembangunan Kota Sukabumi,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pembangunan dan Kerjasama, Rahmat Sukandar diruang kerjanya, kemarin (11/1).

Lanjut Rahmat menjelaskan, setiap tahunnya penyerapan DBHCHT ini selalu mengalami peningkatan dari mulai Rp.100 juta hingga Rp.200 juta per tahunnya. Hal ini tentunya, menjadi barometer kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi roko legal sehingga ada peningkatan. “Sebab itu, kami juga terus melakukan sosialisasi dan meminta pada peroko untuk mengkonsumsi yang legal jangan yang ilegal,” jelasnya.

Dikatakannya, alokasi dana tersebut digunakan untuk pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat petani tembakau dan pelaku usaha tembakau serta Usaha Kecil Menengah (UKM), menata kehidupan sosial petani tembakau dan penanganan penyakit yang diakibatkan rokok atau asap rokok. “Seperti menyediakan alat dan lab untuk pemeriksaan kesehatan paru-paru, itu yang harus diperhatikan untuk pelayanan masyarakat, ” kata dia.

Selain itu, sarana yang ingin dicapai, salah satunya terbangun kembali kemampuan ekonomi masyarakat petani tembakau dan tertanganinya penyakit pada masyarakat yang diakibatkan mengkonsumsi rokok, tembakau atau asap rokok. DBHCHT ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah pusat dalam mengembangkan pembangunan di Indonesia atas pungutan cukai dari Industri Hasil Tembakau (IHT). “Sehingga, pembagiannya dirumuskan langsung oleh pemerintah pusat. Ini untuk pemerataan anggaran,” terang dia.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Saleh Makbullah menambahkan, DBHCHT ini diberikan kepada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Bagi penerima dana cukai tersebut, diharuskan mengadakan kegiatan untuk kesejahtraan masyarakat. “Sebagai mana yang direncanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi. Tunuannya yakni untuk mensejahtraan masyarakat,” tandasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up