Sukabumi Raya

Penghafal Alquran se-Nusantara Meriahkan MHQ II Al-Bassam

PHOTO1

CISAAT – Tiga Pondok Pesantren Pondok Pesantren (Ponpes) kenamaan di Sukabumi, yakni Ponpes Al-Ma’tuq, Al-Bassam Sukabumi dan Al-Zamil di Jalan Kadudampit, Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, kembali akan mengadakan pembukaan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) ke II tingkat nasional 2018 se-Indonesia.

Gelaran pembukaan MHQ Nasional II yang di adakan di Gedung Ponpes Al-Basam, di hadiri langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi, Gubernur Jabar yang diwakili oleh Kepala Biro Yanbangsos Pemprov Jabar, Ketua Yayasan Lajnah Khairiyyah Musytarakah Jakarta, Dandim 0607/Sukabumi, Ketua DPRD II Kabupaten Sukabumi dan ratusan peserta yang datang dari 20 provinsi se-Nusantara.

Dalam sambutanya Mudir Ponpes Al-Ma’tuq, DR Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I  mengatakan, ada 292 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Awal kita mengadakan lomba MHQ itu pada tahun 2016, dimana para peserta adalah kalangan lanjut usia (Lansia) dan itu baru tingkat Kabupaten. Di tahun 2017 baru kita gelar MHQ Nasional I, dan tahun 2018 kita gelar lebih meriah dan pesertanya  lebih antusias,” ujar Ade.

Ia menambahkan, MHQ akan dilaksnakan selama tiga hari kedepan dengan hadiah utama umroh dan uang pembinaan untuk juara dari sejumlah katagori. Kegiatan juga didanai oleh Ir. Thariq Al-bassam dari Pesantren Al-Bassam.

“Semua kategori yang dilombakan dinilai dari sisi pasih dan penghapalan dalam membaca ayat suci Alquran,” lanjut Ade.

Tujugan kegiatan MHQ itu sendiri untuk meningkatkan rasa cinta terhadap Alquran sebagai pedoman hidup agama Islam, memotivasi dan mendorong semangat para penghafal Alquran, memperkuat ukhuwah islamiyah sesama muslim, serta memberikan wadah bagi penghafal Alquran untuk meyalurkan bakat dan kemampunya.

“Ponpes Al-Ma’tuq, Al-Bassam dan Al-Zamil akan terus berkomitmen dan terus membina santri-santri didalam dan di luar pesantren untuk selalu cinta Alquran,” tandasnya.

Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sarjono menilai, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan yang patut didukung dan didorong dari segala aspek guna menjadikan Kabupaten Sukabumi yang mandiri dan religius.

“Saya berharap kegiatan rutin lomba MHQ itu bisa memberikan motivasi bagi umat Islam sebagai penerus bangsa. Utamanya untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alquran,” pungkas Adjo.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up