Menuju Balai Kota

Pencalonan Bisa Dibatalkan Apabila tak Bisa Penuhi Persyaratan

FOTO3

JL OTISTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi sepertinya akan terus melakukan kerja ekstra, walaupun tahapan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota sukabumi telah usai, Rabu (10/1) lalu. Pasalnya, masih ada berkas persyaratan yang mesti dilengkapi oleh seluruh calon peserrta pilkada serentak tahun ini.

“Berkas pasangan calon semuanya sudah lengkap. Akan tetapi masih ada berkas kelengkapan masing-masing calon yang belum lengkap,” ungkap Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah saat ditemui kepada Sukabumi Ekspres, Kamis (11/1) siang.

Berkas yang masih kurang itu, antara lain Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Surat Keterangan tidak pernah terlibat hukum pidana dari Pengadilan Negeri, serta Surat Keterangan tidak pernah terlibat dalam utang-piutang yang mengakibatkan kerugian negara dari Pengadilan Niaga.

“Mengenai kekurangan berkas ini, KPU akan berkoordinasi terus dengan masing-masing pasangan calon agar segera melengkapi. Paling lambat tanggal 20 Januari, mendatang harus lengkap semua persyaratannya. Jangan sampai salah satu, atau seluruh paslon tidak bisa memenuhi persyaratan,” terangnya.

Jika tak bisa melengkapi hingga batas waktu yang telah ditentukan, maka pasangan calon dinyatakan batal pencalonannya, meski telah mendaftar sebelumnya.

“Tapi masih ada tahapan-tahapan tertentu. Kami juga akan memeriksa berkas-berkas persyaratan tersebut. Tapi, kami harapkan yang empat pasangan calon ini bisa memenuhi persyaratan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” pungkas Hamzah.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up