Sukabumi Raya

Pemkab Percepat Penerapan Smart City

PHOTO3

CIKEMBAR – Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) terus berupaya mempercepat langkah menuju penerapan Kabupaten Sukabumi berbasis teknologi informasi dalam jaringan (daring). Di antaranya mengenalkan potensi atau pelayanan pemerintah melalui aplikasi smart city yang bisa di akses dengan mudah oleh semua masyarakat.

“Aplikasi ini sudah dicoba sejak awal 2017. Sebagai bukti kongkret kami mulai menjajaki kerja sama dengan instansi bidang teknologi serta berkoordinasi semua SKPD di Kabupaten Sukabumi untuk bisa menerapkan sistem berbasis dalam jaringan aplikasi smat city,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Sukabumi Ahmad Riyadi ketika di temui di ruang kerjanya, kemarin (12/2).

Menurutnya, saat ini sudah ada komitemen di semua SKPD untuk mengintegrasikan data setiap minggunya dan harus terus di update. Hasilnya sejauh ini cukup baik, kata dia. Seperti dalam pendataan masyarakat bisa mengetauhi informasi bagaimana syarat dalam mengurus dokumen kependudukan, membuat izin perusahaan dan yang lainnya yang berkaitan dengan dinas atau instansi terkait yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Semua bisa mengakses aplikasi ini di smartphone. Di sana dengan mudah masyarakat bisa mengetahui perkembangan maupun informasi pelayanan pemerintah, baik peleyanan kependudukan, perizinan, kesehatan, perdagangan, ekonomi dan yang lainya saat ini sedang dikembangkan,” bebernya.

Selain bekerja sama dengan instansi yang ada di Pemerintah Kabupaten, lanjut dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi pusat dan provinsi untuk lebih bisa memberikan informasi kepada masyarakat dengan aplikasi tersebut.

“Melalui Aplikasi ini, selain memberikan informasi pemerintahan, masyarakat juga bisa secara langsung mengadukan kendala dilapangan di menu lapor. Di situ semua laporan masyarakat akan terlihat dengan jelas,” tuturnya.

Dia berharap, dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa dengan mudah saat ingin mengetahui perkembangan pelayanan maupun pembangunan di Kabupaten Sukabumi. “Saya harap aplikasi ini bisa mempermudah masyarakat untuk mengetahui perkembangan pembangunan dan pelayanan pemerintah,” pungkasnya.(udi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up