Metropolitan

Pembuatan Marka Jalan Telan Biaya 734 Juta

SUKABUMI – Pembuatan marka jalan di Kota Sukabumi selama tahun lalu menelan dana sebesar Rp 734 juta. Termasuk penambahan jalur sepeda.

Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan, dana yang dipergunakan pembuatan marka jalan berasal dari APBD Kota Sukabumi 2017. Rencananya tahun ini dishub akan menata jalur sepeda. Sebetulnya tahun lalu juga dishub sudah membuat jalur khusus sepeda sepanjang 4.658 meter dengan lebar 558 meter di sepanjang Jalan Masjid, Jalan Veteran, dan Jalan Suryakencana.

“Kami rencananya akan melakukan jadwal khusus untuk pengguna sepeda,  misalnya setiap Jumat bersama-sama masyarakat menggunakan sepeda,” ujar dia, kemarin (11/1).

Abdul menyayangkan jalur sepeda yang saat ini ada tak digunakan sebagaimana mestinya. Artinya, jalur itu kerap digunakan jadi lahan parkir kendaraan. “Masalahnya, jalur sepeda itu digunakan bukan untuk kepentingannya. Makanya nanti akan diinstruksikan untuk dilakukan penindakan. Kami akan coba memberikan tindakan sampai dengan penilangan,” tandas dia.

Seksi Perlengkapan Jalan Dishub Kota Sukabumi, Hadi Purnomo, mengatakan dari jumlah total anggaran Rp 734 juta, sebesar Rp 138 juta digunakan pembangunan jalur sepeda. “Mulai dari Jalan Masjid, Jalan Veteran, dan Jalan Suryakencana,” jelas Hadi, kemarin (11/1).

Proses pengerjaan pembangunan marka jalan menghabiskan waktu lebih kurang satu bulan. Seperti pembuatan zebra cross, marka solid, marka putus, marka parkir, serta marka dilarang parkir. Rencananya tahun ini Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan melakukan penataan jalur sepeda dengan tujuan meramaikan masyarakat untuk menggunakan sepeda. “Sehingga, nantinya jalur sepeda ini dapat efektif digunakan,” singkatnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up