Metropolitan

Pembangunan Jalinsel Kembali Tertunda

FOTO1

Anggarannya Tersedot Biaya Penyelenggaraan Pilkada

SUKABUMI – Pembangunan Jalan Lingkar Selatan di Kota Sukabumi dipastikan akan kembali tertunda. Pasalnya, anggaran pembangunan bersumber dari Pemprov Jabar itu tersedot penyelenggaran Pilkada serentak 2018 yang menelan biaya sekitar Rp1,2 triliun.

“Waktu itu kita sempat mempertanyakan kelanjutan pembangunan jalur lingkar selatan ke provinsi. Tapi tahun depan anggarannya masih banyak tersedot untuk pilkada,” tutur Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Rudi Djuansyah, belum lama ini.

Anggaran pembangunan jalar lingkar selatan memang didanai dari Pemprov Jabar. Pasalnya, status jalan tersebut milik Pemprov Jabar. “Untuk tahun depan, di Kota Sukabumi tidak ada proyek fisik yang cukup besar,” ujar Rudi.

Pembangunan jalan lingkar selatan sepanjang 19 kilometer dibagi dalam empat segmen. Segmen I dari Cibolang Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi hingga Jalan Pelabuhan II Kota Sukabumi sepanjang 6,9 kilometer. Segmen II dari dimulai dari Jalan Pelabuhan II hingga Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros, segmen II dari Kecamatan Baros hingga Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi, dan segemen IV dari Kecamatan Kebonpedes hingga Kecamatan Sukaraja. “Kemungkinan akan berlanjut pada 2019,” terang Rudi.

Sementara itu progres pembangunan fisik sejumlah proyek besar di Kota Sukabumi rata-rata sudah mencapai kisaran 70 persen hingga 80 persen. Proyek-proyek pembangunan itu menggunakan sumber anggaran dari bantuan Provinsi Jawa Barat.

Rudi menyebutkan meskipun secara fisik sudah mencapai kisaran 70 persen hingga 80 persen, tetapi dari progres pencairan keuangan masih di kisaran 50 persen. Tapi Rudi optimistis progres pembangunan fisik maupun pencairan keuangannya akan selesai sesuai target di akhir tahun ini.

“Hasil laporan terakhir memang masih belum selesai seluruhnya. Dari fisik masih di kisaran 70 persen hingga 80 persen dan dari program keuangan karena masih dalam proses penagihan, kira-kira sekitar 50 persen,” kata Rudi.

Besaran bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk Pemkot Sukabumi lebih kurang Rp88 miliar. Anggaran itu diperuntukkan membangun gedung Gakin Center di RSUD R Syamsudin SH sebesar Rp29 miliar, untuk pembangunan GOR Merdeka sebesar Rp26 miliar, untuk pembangunan Gedung Kesenian sebesar Rp10 miliar, dan sisanya untuk pembebasan lahan Program Studi di Luar Domisili (PDD) kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) serta proyek lainnya. Di sisa waktu sekitar 1,5 bulan lagi, pengerjaan pembangunan itu tentunya harus terus dikebut. Apalagi intensitas curah hujan belakangan terakhir relatif cukup tinggi.

“Kalau yang profesional itu tidak akan terganggu. Mereka pasti bisa ada solusinya. Apalagi sekarang pihak rekanan mengerjakannya secara lembur. Personelnya terus ditambah,” jelasnya.

Tahun depan Kota Sukabumi sudah memasuki fase terakhir rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Paling hanya pemeliharaan ruas-ruas jalan saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Panataan Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Asep Irawan, optimistis pengerjaan pembangunan GOR Merdeka bisa rampung hingga akhir tahun ini. Kalaupun nanti pada pelaksanaannya tak selesai di akhir tahun, maka berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 70/2012 dan Peraturan Presiden Nomor 4/2015, maka terdapat tambahan waktu selama 50 hari kalender.

“Tapi kita jangan berbicara itu dulu. Kita fokus pembangunan hingga akhir tahun ini saja dulu. Tapi kalaupun terjadi (pembangunan loncat tahun), kita nanti tinggal berhitung, berapa (persen) progres pembangunan yang selesai dan berapa (persen) nanti di perpanjangan waktu,” beber Asep.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up