Pendidikan

Pelajar SD Belajar Tanggap Bencana

PHOTO3

SUKABUMI – Banyak cara yang bisa dilakukan agar para pelajar bisa mengetahui cara menyelamatkan diri ketika gempa terjadi. Seperti yang dilakukan siswa-siswi SDN CBM Dewi Sartika. Puluhan siswa-siswi dikenalkan simulasi penyelamatan diri saat bencana gempa bumi terjadi oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami menjelaskan, simulasi ini merupakan bagian dari kegiatan Smart Student Goes to School for Tanggap Bencana. Para pelajar dijadikan target sosialisasi, salah satunya untuk menanamkan sejak dini pengetahuan dan pemahaman mengenai tanggap bencana.

Rencananya, simulasi serupa akan dilanjutkan ke sejumlah sekolah lain di Kota Sukabumi. Ditanamkan sejak dini, sehingga ketika dewasa nanti bisa mempraktekannya dengan baik,” ungkap Zulkarnain kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (25/2).

Ia menambahkan, dalam simulasi juga diajarkan penanganan awal ketika terjadi bencana, terutama penanganan pasca bencana. Targetnya, para pelajar memiliki kesiapan dan keterampilan menghadapi bencana gempa. Ia berharap, melalui simulasi ini, korban jiwa bisa dihindari dan kerugian material bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Karena di sisi lain, wilayah Sukabumi seringkali menjadi pusat terjadinya getaran gempa. Gempa terakhir saja, terjadi pada Jumat 16 Februari 2018 lalu dengan kekuatan 5.1 Skala Richter (SR),” tandasnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up