Kesehatan

Pekan Imunisasi Campak Sesuai Target

FOTO3

SUKABUMI – Pekan imunisasi campak Measles dan Rubella (MR) di Posyandu Nirwana Perumahan Nirwana Graha RT 05/07 Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, berjalan sesuai target waktu. Dari 35 balita, 3 orang yang tidak ikut imunisasi karena sakit.

Pelaksanaan imunisasi ditinjau Lurah Dayeuhluhur, Rosidin. Bersama stafnya, Rosidin mendatangi Posyandu Nirwana untuk memastikan semua anak umur imunisasi MR, khususnya balita tidak ada yang terlewat untuk diberi vaksin kedua penyakit tersebut.
“Alhamdulillah, untuk Kelurahan Dayeuhluhur pelaksanaan imunisasi mendapatkan respons dari masyarakat. Ini berkat kerja keras para kader posyandu yang terus menyosialisasikan imunisasi kepada masyarakat,” ujar Rosidin kepada wartawan, kemarin (13/9).
Bagi balita yang belum mengikuti imunisasi MR di Dayeuhluhur, ujar dia, akan didata untuk diarahkan ke posyandu terdekat atau puskesmas. Dalam pendataan ini, kantor kelurahan akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Di wilayah Dayeuhluhur, imunisasi MR baru dimulai awal pekan ini.

Koordinator imunisasi Puskesmas Benteng yang wilayah kerjanya meliputi Kelurahan Dayeuhluhur, Ade Muslih, mengatakan, pelaksanaan imunisasi MR dibagi ke dalam dua tahap. Pada bulan Agustus, imunisasi difokuskan ke sekolah-sekolah. Pada bulan ini, fokusnya ke posyandu. Puskesmas Benteng memiliki 40 posyandu yang dibinanya. “Imunisasi ini sangat penting untuk kesehatan anak-anak, terutama untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Kedua jenis penyakit ini sangat membahayakan hidup anak-anak,” kata Ade.

Sementara itu Ketua Posyandu Nirwana, Lisnawati, mengaku bernapas lega setelah menyelesaikan tugas melaksanakan imunisasi MR. Pelaksanaan imunisasi dapat berjalan lancar dan sesuai target waktu berkat kekompakan para kader yang mengabdi di Posyandu Nirwana. Untuk membuat nyaman anak-anak, para kader menghiasi posyandu dengan dekorasi yang menarik dan berwarna-warni. “Setiap anak yang diimunisasi diberi hadiah balon berwarna pink dan makan tambahan kacang hijau. Saya menyampaikan terima kasih kepada semua kader, Pak Lurah, dan jajaran Puskesmas Benteng yang mendukung imunisasi ini,” ujar Lisnawati.(red/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up