Sports

Pebulutangkis Muda Sukabumi Berjaya di Singapura

JL CIAUL PASIR – Muhammad Santo Satria Delano Ristawan atau biasa dipanggil Satria, merupakan pebutangkis andal dari Kota Sukabumi. Namanya cukup melejit di Singapura karena di klubnya menimba ilmu, Satria selalu unggul dari pebulutangkis lainnya. Apalagi setelah Satria berhasil menjungkalkan pebulutangkis nomor satu di negeri Singa itu.

Sudah beberapa pekan Satria berada di Kota Sukabumi. Dia pun berlatih di GOR milik orangtuanya. Satria mengaku ingin mewujudkan mimpinya menjadi juara dunia, seperti atlet favoritnya, Taufik Hidayat. Mimpi itu tentunya bukan omong kosong karena Satria banyak mengikuti berbagai event kejuraan berskala nasional. Saat ini Satria tergabung dalam klub bulutangkis asal Singapura, Ronald Susilo.

“Saya baru juara ketiga dan kedua. Belum jadi juara nasional. Saya ingin menjadi juara seterusnya,” kata dia.
Walaupun pernah mengalahkan pebulutangkis nomor satu Singapura, tetapi siswa kelas 2 SMAN 3 Kota Sukabumi belum cukup puas. Untuk mewujudkan impiannya, Satria terus berlatih keras setiap hari bersama pelatihnya, Dede Priatna. “Kalau ikut kejuaraan sudah tidak terhitung. Saya ingin juara nasional maupun internasional,” kata pebulutangkis kelahiran 28 Januari 2001 ini.

Untuk mengejar impiannya, anak Hikmat Nuristawan ini terus mengasah kemampuannya termasuk ketahanan fisik. Setiap pagi, mulai pukul 06.00 WIB, Satria rutin mengelilingi Lapang Merdeka Kota Sukabumi sampai pukul 08.00 WIB. Usai itu ia melanjutkannya dengan latihan pertahanan dan smash di GOR bulutangkis yang berada di lingkungan rumahnya. “Setiap hari saya latihan. Saya pilih libur pada Minggu,” ujarnya.

Satria mulai menyenangi bulutangkis sejak duduk di kelas 4 SD. Sejak itu, dia konsen berlatih dengan dukungan orangtua serta kakak dan adiknya.

Keandalan Satria berbulutangis diakui sang pelatih, Dede Priatna. Menurut Dede, anak asuhnya memiliki tekad kuat untuk menjadi juara. “Satria memiliki disiplin tinggi, tidak cengeng, dan tak mudah putus asa,” katanya.

Masa depan Satria masih sangat panjang. Tahun ini Satria akan mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda). Satria juga memiliki keunggulan di berbagai posisi, baik pertahanan maupun penyerangan.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up