Politika

Parpol Memenuhi Syarat Belum Tentu Ikut Pileg

JL SILIWANGI – Sejumlah partai politik yang memenuhi syarat (MS) di Kota Sukabumi belum sepenuhnya resmi menjadi peserta pemilu 2019 mendatang. Pasalnya keputusan akhirnya terdapat di Komisi Pemilihan Umum RI.

“KPU RI yang memutuskan partai mana saja yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019,” ujar Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah, saat ditemui sejumlah media usai rapat pleno terbuka rekapitulasi penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan parpol peserta Pemilu 2019 di salah satu hotel berbintang di Kota Sukabumi, kemarin (8/2).

Hamzah mengatakan, partai yang memenuhi syarat di Kota Sukabumi bisa saja tidak menjadi peserta pemilu 2019. Apalagi proses verifikasi terdapat di tiga tingkatan. “Lolos di Kota Sukabumi masih ada (verifikasi) di provinsi, setelah itu akhirnya diputuskan di pusat,” ucapnya.

Bahkan kata Hamzah, bisa saja terjadi kebalikannya. Seperti halnya di Kota Sukabumi ada partai yang tidak lolos, namun oleh KPU RI ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019. “Misalnya di Kota Sukabumi PKPI tidak mendaftar. Tapi bisa saja di pusat mereka lolos sebagai peserta Pemilu 2019,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Hamzah seluruh partai yang memenuhi syarat di Kota Sukabumi masih was-was. Mereka menunggu keputusan dari KPU RI. “Sekitar 15 Februari nanti ada keputusan dari KPU RI,” terangnya.

Adapun parpol yang memenuhi syarat di Kota Sukabumi sebanyak 15 partai. Empat partai baru dan 11 partai lama. “Ada PDI Perjuangan, PKB, Hanura, Gerindra, Demokrat, PPP, PKS, Golkar, PAN, Nasdem, PBB, Perindo, PSI, Berkarya, dan Gerindra,” pungkasnya.(ndi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up