Metropolitan

Panwaslu Belum Terima Tembusan Izin Kemendagri

NO PHOTO

SUKABUMI – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi Muhammad Aminudin mengaku belum menerima laporan tertulis dan bukti fisik rekomendasi Kementerian Dalam Negeri terkait pelantikan 98 pejabat Eselon III dan Eselon IV oleh Pemkot Sukabumi, kemarin (27/2).

Pasalnya, berdasarkan aturan, kepala daerah tidak diperbolehkan melakukan penggantian pejabat daerah enam bulan sebelum penetapan pasangan calon di Pilkada. Kecuali mendapat persetujuan dari kementerian terkait. Hal itu pula yang mendasari Wali Kota Sukabumi untuk melantik para pejabat meski berdekatan dengan momentum Pilkada serentak.

Menurut Aminudin, pihaknya sudah mengkonfirmasi Kepala Badan Kepegawadian dan Pengembangan Sumber Daya Manusdia (BKPSDM) Kota Sukabumi yang juga Plt Sekda Kota Sukabumi, Saleh Makbullah mengenai pelantikan pejabat tersebut. Namun, dia belum menerima laporan tertulis, melainkan hanya kabar melalui sambungan telepon.

“Rekomendasi dari Kemendagri juga katanya sudah keluar. Namun sampai saat ini kami belum menerima salinan bukti rekomendasi Kemendagri tersebut. Hanya saya secara pribadi maupun secara kelembagaan sudah menerima kabar melalui telepon,” ungkapnya, kemarin (27/2).

Dia mengakui proses mutasi dan promosi jabatan sesuai jika merunut pada aturan Kemendagri. Tidak ada hal-hal yang dianggap di luar peraturan perundang-undangan. Namun sekali lagi, Aminudin menegaskan belum menerima bukti fisik yang diserahkan ke Kantor Panwaslu Kota Sukabumi.

“Kita sudah meminta. Rencananya besok akan diterima di Kantor Panwaslu. Kita lihat saja tanggal berapa dibuatnya rekomendasi tersebut. Apakah layak atau tidak dilakukan pelantikan. Terkecuali kalau rekomendasi tertanggal 1 Maret sementara sekarang sudah dilantik, itu yang melanggar,” pungkasnya.(ovi/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up