Metropolitan

ODGJ Jangan Dipersekusi!

PHOTO4

SUKABUMI – Beberapa waktu lalu, aparat gabungan Polres Sukabumi Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi menertibkan dua orang pengidap gangguan jiwa atau yang biasa disebut Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Kedua ODGJ tersebut yang biasa berkeliaran di sekitaran pusat Kota Sukabumi.

Selain itu, polisi juga mengamankan dua ODGJ lainnya yang sempat diamankan masyarakat lantaran berada di lingkungan pondok pesantren. Keduanya dikhawatirkan berbuat aksi nekat, seperti menyerang santri atau bahkan ulama yang berada di pesantren.

Tak ingin membiarkan permasalahan berlarut, pihak kepolisian yang dipimpin langsung Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro langsung mendatangi pondok pesantren tersebut. Susatyo juga hendak meredam suasana ditengah isu penyerangan terhadap ulama yang viral di media sosial.

“Kejadian di Ponpes Al Islamiyah Baros dan Ponpes Al Wardayani Sukabumi benar-benar dilakukan oleh ODGJ,” tegas Susatyo kepada awak media.

Ia juga berharap masyarakat tak mudah terprovokasi kabar-kabar miring di media sosial yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Apakah kita masih mau di provokasi oleh isu yang tidak jelas dan meresahkan? Mari kita cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial ataupun media-media lainnya,” imbuh Susatyo.

Agar tak terjadi upaya persekusi atau main hakim sendiri terhadap ODGJ, Susatyo mengaku sudah menyebar selebaran imbauan. Tujuannya, supaya ODGJ tetap diperlakukan sebagaimana mestinya, bukan mendapat perlakuan seenaknya.

“Kami akan cetak imbauan ini untuk ditempel di 1.302 mesjid dan 269 pondok pesantren yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Beri tahu keluarga, tetangga atau lingkungan sekitar. Itu untuk menjadi pegangan umat bila membutuhkan bantuan polisi segera,” pungkasnya.(hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up