Jelajah

Objek Wisata Harus Bersih

DSC_1082
PUNGUT SAMPAH : Petugas Objek Wisata Gunung Sunda sedang membersihkan sisa sampah wisatawan.

Jangan Kecewakan Pengunjung

GUNUNG Sunda, satu di antara objek wisata di wilayah Sukabumi yang nyaris tanpa sampah.
Usut punya usut, pengelolaan objek wisata yang berlokasi di Kampung Jamelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Sukabumi itu punya strategi khusus. Yakni, mengedukasi para wisatawan akan kesadaran kebersihan dengan menyediakan kantong plastik atau kresek.

Ketua Umum Pengelola Gunung Sunda, Dede Rizal menjelaskan, pihaknya sengaja tidak menyediakan tempat sampah. Langkah itu dilakukan untuk menanamkan kesadaran kepada para pengunjung agar lebih peduli terhadap kebersihan sebuah objek wisata di Sukabumi.

“Kita terus mengedukasi dengan memberi saran dan menyuruh secara sopan santun kepada wisatawan, agar mau membawa sampahnya masing-masing setelah selesai atau turun dari Gunung Sunda. Ini tuh gunung sebuah objek wisata bukan tempat pembuangan sampah,” kata dia kepada koran harian ini, kemarin.

Dede meminta para pelancong untuk bersama-sama merawat dan menjaga serta melindungi objek wisata yang ada di Sukabumi, terutama Gunung Sunda yang beroperasi sejak tahun 2012 lalu.
Selain itu, pihaknya juga menmasang tulisan yang dipajang di pintu utama Gunung Sunda.
“Kalau kita siapkan tempat sampah, sama dengan membuat masalah dan tidak akan ada edukasinya. Alhamdulilah kesadaran wisatawan pun meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya,” bilang dia.

Meski demikian, Dede menambahkan, pihak pengelola juga menyiapkan petugas untuk menyasar sampah yang tertinggal.

“Mereka tugasnya dibagi tiga shift. Mulai dari pukul 10.00, 14.00 dan 17.00 WIB untuk memungut sampah yang dibuang wisatawan,” ucap dia.

Dede berharap, edukasi yang diberikan dapat terserap oleh wisatawan yang pada akhirnya Gunung Sunda indah untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

“Kita lakukan pemungutan sampah itu setiap hari. Itu sisa sampah dari wisatawan yang belum sadar dan peduli terhadap objek wisata. Makanya, kita juga menanam berbagai jenis pepohonan untuk mempersepit pembuangan sampah di areal wisata,” tutupnya.(job4/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up