Entertainment

Obatnya Tetap Melempar Senyum

Fidella Sutjahjo

SEBAGAI seorang dokter, banyak suka dan duka yang dialami oleh dr Fidella Sutjahjo. Diakuinya, pada masa awal menjalani profesi sebagai dokter dia masih sulit beradaptasi.

Namun, seiring berjalannya waktu, perempuan 29 tahun itu mempunyai cara tersendiri dalam menikmati profesinya. Menurut Fidel, sapaan akrabnya, menjadi seorang dokter harus pandai berkomunikasi dengan pasien.

Agar apa yang disampaikan bisa mudah dipahami. Jika tidak, hal itu akan berakibat miss understanding yang justru menimbulkan konflik. ’’Kita harus pandai mengemas dan mengolah informasi yang kita sampaikan. Sehingga apa yang kita maksudkan sama dengan apa yang diterima pasien,’’ ungkapnya.

Meski demikian, tak jarang pula masih banyak pasien yang belum bisa menerimanya. Menurut Fidel, hal itu dianggap lumrah dan hampir dijumpai oleh semua dokter. Namun, ibu satu anak ini mempunyai cara tersendiri untuk meredam.

’’Kita harus sabar, tenang, dan tetap senyum,  Karena kondisi pasien yang datang itu saat kondisi sakit, baik fisik maupun psikisnya,’’ tutur perempuan yang sudah 5 tahun praktik menjadi dokter umum ini.

Dengan kata lain, dokter harus memposisikan dirinya menjadi seorang pendengar yang baik. ’’Ketika mereka sudah selesai menyampaikan uneg-uneg-nya, baru kita masuk menjelaskan,’’ ujarnya.

Tentunya, penyampaian juga dilakukan dengan santun, dan harus memaklumi. Karena bisa jadi pasien kurang memahami dengan penjelasan medis. ’’Kadang meraka tidak mengerti, sehingga kita menggunakan bahasa yang mudah dipahami,’’ kata dia.

Lulusan Universitas Udayana, Bali ini, menambahkan, meski pada masa awal dibutuhkan waktu untuk beradaptasi, namun saat ini dia mengaku sudah enjoy dan menikmati menjadi seorang dokter. Sebab, dalam dunia kedokteran selalu berkembang.

Sehingga banyak mempelajari hal-hal yang baru. ’’Seperti long life study, karena selalu ada penyakit baru akibat perubahan lifestyle atau makanan dan minuman yang dikonsumsi,’’ pungkasnya. (ram/abi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up