Resto

Nih 5 Destinasi Populer Kuliner Cirebon yang Patut Dicoba

Kuliner Cirebon (Ilmi Yanfaunnas/Radar Cirebon)

SukabumiEkspres.com, CIREBON – Sudah berkunjung ke Cirebon? Rasanya tidak lengkap bila berkunjung ke Kota Udang tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut.

Selain kekayaan budaya dan religi, di Cirebon banyak juga destinasi kuliner khas. Beraneka ragam kuliner Cirebon yang populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Cirebon Sambasi Muksin, ada banyak ragam jenis makanan kuliner khas daerahnya. Setidaknya ada lima destinasi kuliner yang paling populer di Kabupaten Ciebon.

Lima destinasi kuliner yang banyak dikunjungi waisatawan maupun warga sekitar itu adalah;

1. Empal Gentong H Apud. Salah satu rumah makan yang berada di Kecamatan Tengahtani itu menyediakan empal gentong, empal asem, tahu gejrot dan kuliner khas Cirebon lainnya.

2. Rumah Makan Tongseng Khas Cirebon. Destinasi kuliner ini berada di Batembat, Kecamatan Tengahtani, menyajikan bahan utama daging.

3. Selain makanan yang berbahan daging, ada juga makanan ringan khas Cirebon yang wajib dicoba. Salah satunya di Desa Pekantingan, Kecamatan Klangenan. Desa tersebut memproduksi berbagai macam makanan ringan tradisional khas Cirebon.

4. Desa Bakung, Kecamatan Jamblang. Daerah ini terkenal dengan hasil makanan khasnya, yakni Tape Ketan Bakung. Kudapan khas Cirebon ini wajib dicicipi bagi pencinta kuliner karena rasanya menggoda lidah.

5. Batik Trusmi. Tidak hanya menyajikan berbagai macam batik, namun Batik Trusmi juga menyajikan beberapa makanan ringan khas Cirebon mulai kerupuk kulit ikan hingga makanan lainnya yang berasal dari Kabupaten Cirebon.

“Masih banyak lagi destinasi kuliner khas Cirebon yang patut dicoba. Pokoknya menarik,” kata Sambasi. (cecep/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up