Sports

Nama-nama Besar Mengisi Skuat Timnas Catalonia, Siapa Saja Mereka

CATALONIA – Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, pernah mengatakan bahwa timnas Catalonia bakal menjadi salah satu kekuatan hebat di Eropa. Dia yakin Catalonia mampu berada di posisi 15-besar timnas paling kuat di dunia.

Xavi yang pernah 12 kali memperkuat timnas Catalonia mengatakannya saat desakan referendum Catalonia menguat pada tahun lalu. Rasanya ucapan Xavi tak berlebihan. Sejak lama timnas Catalonia terbentuk dan selalu muncul bakat-bakat potensial.

Kini publik mulai meraba kekuatan timnas Catalonia setelah dilakukan referendum. Seperti diketahui, dalam referendum Catalonia, 90 persen menyatakan ingin merdeka dan terpisah dari Spanyol. Memang, referendum itu menurut pemerintah Spanyol ilegal dan tidak sah. Hanya saja, bola salju terus bergulir. Kemungkinan-kemungkinan terus beredar termasuk dalam aspek sepak bola.
Berita Terkait

Ketika Catalonia benar-benar merdeka dan resmi menjadi anggota FIFA, timnas mereka akan diakui. Pastinya, asosiasi sepak bola Catalonia akan meminta kepada FIFA untuk mengizinkan pemain-pemain andalan yang saat ini memperkuat timnas Spanyol bisa pindah membala Catalonia. Tentu saja mereka yang lahir di Catalonia dan punya darah keturunan Catalonia.

Berdasar kasus Kosovo, negara yang baru saja menjadi anggota FIFA, seharusnya permintaan Catalonia bisa terwujud. Seperti diketahui, FIFA memberi izin setidaknya 6 pemain yang sebelumnya pernah memperkuat negara lain, pindah membela timnas Kosovo.

Andai benar terwujud, ungkapan Xavi bakal menjadi kenyataan. Timnas Catalonia bakal tangguh. Maklum saja, sejumlah nama tenar bakal menjadi bagian timnas ini seperti Jordi Alba, Marc Bartra, Gerard Pique, Sergio Busquets, Gerard Deulofeu, dan Sergi Roberto. Belum lagi Kiko Casilla dan Cristian Tello. Sebagian dari mereka masih menjadi andalan di timnas Spanyol.

Mereka akan dipadukan dengan sejumlah pemain hebat lainnya yang berasal dari Catalan. Sebut saja Cesc Fabregas, Martin Montoya, Isaac Cuenca, hingga Bojan Krkic.

Tak hanya itu, beberapa pemain asal Catalan yang sebelumnya tak pernah membela timnas Catalonia, juga besar kemungkinan dipanggil. Salah satunya adalah bek kanan Arsenal, Hector Bellerin. Sebagian besar pemain dari Catalan telah pernah membela timnas Catalonia meski bukan pertandingan resmi FIFA.

Andai semua meminta bermain bersama timnas Catalonia dan FIFA mengizinkan, sudah pasti akan tercipta kekuatan yang tangguh. Toh, itu semua akan terwujud andai Catalonia benar-benar merdeka.

Timnas Catalonia sendiri sudah terbentuk sejak lama. Saat ini mereka diarsiteki oleh Gerard Lopez yang juga menukangi Barcelona B. Sepanjang kariernya, Gerard yang merupakan alumnus La Masia pernah memperkuat Barcelona B, Valencia, Alaves, Barcelona, Monaco, Recreativo Huelva, dan Girona. Dia juga pernah tampil membela Catalonia dalam 6 laga.

Laga terakhir Catalonia pada 28 Desember 2016. Kala itu, Catalonia bermain imbang 3-3 kontra Tunisia. Dalam adu penalti, Catalonia kalah 2-4.

Skuad Timnas Catalonia (Terbaru)
Kiper: Jordi Masip (Valladolid), Edgar Badia (reus)
Belakang: Victor Alvarez (Arsenal Tua), Andreu Fontas (Celta), Alberto de la Bella (Sociedad), Sergi Gomez (Celta), Pol Lirola (Sassuolo), gerard Valentin (La Coruna), Aaron Martin (Espanyol)
Tengah: Xavi Hernandez (Al Sadd), Joan Verdu (Qingdao Huanghai), Sergi Roberto (Barcelona), Marc Crosas (Tampico Madero), Victor Rodriguez (Seattle Sounders), Sergi Samper (Las Palmas), Marc Roca (Espanyol), Pere Pons (Girona)
Depan: Sergio Garcia (Espanyol), Alvaro Vazquez (Espanyol), Gerard Moreno (Espanyol), Oriol Riera (Western Sydney Wanderers)

Sewaktu-waktu Bisa Dipanggil
Kiper: Kiko Casilla (Real Madrid), Jordi Codina (Fuenlabrada), Pau Lopez (Espanyol)
Belakang: Gerard Pique (Barcelona), Martin Motoya (Valencia), Marc Bartra (Dortmund), Jordi Alba (Barcelona), Aleix Vidal (Barcelona), Jordi Amat (Betis), Didac Vila (Espanyol), Raul Rodriguez (Shanghai Shenxin), Marc Muniesa (Girona), Sergio Juste (FC Goa), Marc Valiente (Eupen), Hector Bellerin (Arsenal)
Tengah: Sergio Busquets (Barcelona), Piti (Lamia), Fabregas (Chelsea), Victor Sanchez (Espanyol), Javier Marquez (New York Cosmos), David Lopez (Espanyol), Sergio tejera (Gimnastic), Jordi Xumetra (Zaragoza), Isaac Cuenca (Hapoel Be’er Sheva), Gerard Deulofeu (Barcelona)
Depan: Ferran Corrominas (FC Goa), Bojan Krkic (Alaves), Jonathan Soriano (Beijing Sinobo), Cristian Tello (Real Betis), Keita Balde (Monaco)

Starting XI
Kiper: Kiko Casilla
Bek kanan: Hector Bellerin
Bek tengah: Marc Bartra, Gerard Pique
Bek kiri: Jordi Alba
Gelandang: Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Cesc Fabregas
Depan: Bojan Krkic, Sergio Garcia, Gerard Deulofeu

(epr/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up